Ditjen Bea Cukai Pastikan Tak Ada Hambatan Ekspor Sawit

Antara    •    Sabtu, 25 Jul 2015 16:46 WIB
kelapa sawitbea dan cukai
Ditjen Bea Cukai Pastikan Tak Ada Hambatan Ekspor Sawit
Ilustrasi -- FOTO: Antara/IGGOY EL FITRA

Metrotvnews.com, Jakarta: Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memastikan tidak ada hambatan pelayanan di kantor pengawasan dan pelayanan bea dan cukai terhadap eksportasi kelapa sawit, minyak sawit mentah (CPO), dan produk turunannya.

Direktur Penerimaan dan Peraturan Kepabeanan dan Cukai (PPKC) DJBC Sugeng Apriyanto mengatakan Direktur Jenderal Bea dan Cukai telah memerintahkan dan memberikan petunjuk operasional secara resmi kepada seluruh unit kerja di lingkungan DJBC.

"Kepada seluruh unit kerja di lingkungan DJBC diminta untuk melakukan pelayanan dan pengawasan atyas eksportasi kelapa sawit, CPO dan atau produk turunannya dengan sebaik-baiknya mengacu pada semua ketentuan yang ada," ujar dia, dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Sabtu (25/7/2015).

Sebelumnya Presiden Jokowi menerbitkan Peraturan Presiden Nomor 61 Tahun 2015 tentang Penghimpunan dan Penggunaan Dana Perkebunan Kelapa Sawit. Sebagai tindak lanjut atas perpres itu, Menteri Keuangan menerbitkan dua peraturan menteri keuangan (PMK).

PMK pertama dengan nomor 133/PMK.05/2015 tertanggal 14 Juli 2015 tentang Tarif Layanan Badan Layanan Umum Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit pada Kemenkeu. Sementara PMK kedua adalah nomor 136/PMK.010/2015 tanggal 14 Juli 2015 tentang Perubahan Keempat PMK Nomor 75/PMK.011/2012 tentang Penetapan Barang Ekspor yang Dikenakan Bea Keluar dan Tarif Bea Keluar.

Mendag juga menindaklanjuti perpres itu dengan menerbitkan Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 54/M-DAG/PER/7/2015 tanggal 14 Juli 2015 tentangVerifikasi atau Penelusuran Teknis terhadap Ekspor Kelapa Sawit, CPO dan atau Produk Turunannya.


(AHL)