Obama Puji Afrika yang Terus Berkembang Pesat

Fajar Nugraha    •    Sabtu, 25 Jul 2015 17:01 WIB
obama di afrika
Obama Puji Afrika yang Terus Berkembang Pesat
Barack Obama mengunjungi Kenya (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Nairobi: Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama tengah mengunjungi Kenya. Dalam sebuah pidato, Obama memuji Afrika yang terus berkembang.

Dalam pembukaan Pertemuan Global Entrepreneurship di Nairobi, Kenya, Obama memiliki penilaian tersendiri terkait Afrika.

"Afrika adalah salah satu wilayah yang terus berkembang. Banyak orang yang terangkat dari kemiskinan di wilayah ini," ucap Obama, seperti dikutip Associated Press, Sabtu (25/7/2015).

Kunjungan Obama ke Kenya, sangat diantisipasi oleh rakyat Kenya. Ini adalah kunjungan pertama dilakukan oleh Presiden AS ke Kenya, dan lebih khusus lagi bagi Obama karena ayahnya berasal dari Kenya.

"(Kunjungan) ini menjadi sangat pribadi bagi saya. Ada alasan mengapa nama saya adalah Barack Hussein Obama," tuturnya.

Sebagian besar dari kunjungan Obama di Kenya difokuskan untuk meningkatkan hubungan ekonomi dan keamanan dengan Kenya. Puluhan pejabat dan 200 investor asal Amerika  turut serta dalam kunjungan Obama ke Afrika, termasuk Ethiopia.

Presiden Kenya Uhuru Kenyatta yang menjadi tuan rumah bersama dengan Obama, menepis tantangan keamanan yang dihadapi oleh Kenya. Dia berharap, kunjungan Obama bisa mengubah persepsi mengenai Kenya dan Afrika.


(FJR)