Kembali Maju, Rudyatmo-Purnomo Daftarkan Diri ke KPU Naik Sepeda Onthel

Pythag Kurniati    •    Minggu, 26 Jul 2015 16:53 WIB
pilkada serentak
Kembali Maju, Rudyatmo-Purnomo Daftarkan Diri ke KPU Naik Sepeda Onthel
Foto: FX Hadi Rudyatmo dan Achmad Purnomo kembali maju dalam Pilkada serentak pada Desember mendatang/MTVN_Pythag Kurniati

Metrotvnews.com, Solo: Komisi Pemilihan Umum (KPU), Minggu 26 Juli, resmi membuka pendaftaran calon kepala daerah untuk pemilihan umum kepala daerah (Pilkada) serentak yang akan digelar 9 Desember 2015. Pasangan calon Wali Kota dan calon Wakil Wali Kota Solo Fransiskus Xaverius Hadi Rudyatmo dan Achmad Purnomo mendaftarkan diri ke kantor KPU Kota Solo menggunakan sepeda onthel.

Pantauan Metrotvnews.com, pasangan wali kota incumbent yang diusung PDIP itu mendaftarkan diri ke kantor KPU Kota Solo pada Minggu siang. FX Hadi Rudyatmo dan Achmad Purnomo tampak serasi mengenakan pakaian khas Jawa yakni lurik. Istri Rudy dan Purnomo pun kompak mengenakan kebaya putih mendampingi keduanya.

Sementara, para simpatisan sudah menyiapkan buah-buahan yang disusun menyerupai tumpeng yang akan melepas pasangan Rudy-Purnomo mendaftarkan diri ke KPU. Mengenakan caping, Rudyatmo-Purnomo tampak santai menggoes sepeda onthel menuju kantor KPU Kota Solo.

Ketua KPU Kota Solo Agus Sulistyo mengatakan pasangan Rudy-Purnomo sudah memenuhi kelengkapan syarat-syarat calon kepala daerah. Di antaranya partai pengusung, jumlah kursi partai di DPRD, dan surat rekomendasi dari DPP.

"Setelah semua bakal calon mendaftar selanjutnya akan dilakukan tes kesehatan," kata Agus di kantor KPU Kota Solo, Jawa Tengah, Minggu (26/7/2015).

Hingga saat ini, Rudi dan Purnomo masih menjabat sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo. Rudi mengatakan akan segera berkoordinasi dengan tim pemenangan usai merampungkan tugasnya sebagai Wali Kota periode ini.

"Hingga 28 Juli pukul 00.00 WIB, saya masih berusaha menyelesaikan tugas sebagai Wali Kota. Setelah itu baru saya akan segera berkoordinasi," kata FX Hadi Rudyatmo usai mendaftarkan diri di kantor KPU Kota Solo.

Sementara pendaftaran kandidat calon wali kota Solo lainnya belum dapat dipastikan. Di antaranya pasangan Anung Indro Susanto-M Fajri yang akan diusung Koalisi Solo Bersama (KSB) yakni Partai Demokrat, Golkar, PKS, Gerindra, PPP, dan PAN. Sebelumnya, Anung yang saat ini menjabat sebagai Kepala Bapermas dan P3A dan KB Kota Solo dipasangkan dengan Ketua DPD PAN Umar Hasyim. Namun Umar mengundurkan diri sehingga digantikan M Fajri dari PKS.


(TTD)