Agar Wawancara Kerja Lancar

   •    Minggu, 26 Jul 2015 17:09 WIB
karier
Agar Wawancara Kerja Lancar
Hindari gugup saat menjalani wawancara kerja (Foto:Getty Images)

Metrotvnews.com, Jakarta: Wawancara kerja merupakan poin penting dalam membangun koneksi yang baik dan menjadi penentu apakah Anda diterima kerja atau tidak.

Banyak orang yang gugup saat menjalani tahapan wawancara ini. Agar sukses menjalani interview kerja, Anda bisa menerapkan beberapa tips berikut.

Siapkan jawaban
Anda jangan pernah menganggap remeh sebuah interview kerja. Sebelum menjalani interview, Anda harus menyiapkan jawaban-jawaban yang umum ditanyakan. Misalnya, apa kelemahan dan kelebihan Anda, apa yang Anda ketahui tentang perusahaan tersebut, serta mengapa Anda ingin bekerja di sana.

Dengan persiapan yang matang sebelumnya, Anda tidak akan bingung menjawab dan gugup sehingga dapat meyakinkan mereka yang menginterview untuk menerima Anda.

Pakaian yang tepat
Pada pertemuan pertama, penampilan adalah segalanya. Buatlah kesan yang baik melalui pakaian yang Anda kenakan. Anda harus mengenakan pakaian yang sopan dan bersih. Sebab, cara berpakaian merupakan refleksi tentang diri Anda. Pakaian juga akan menentukan apakah penilaian Anda baik atau buruk.

Matikan ponsel
Saat menunggu giliran untuk wawancara, Anda harus mematikan ponsel atau pilih mode silent. Bertingkahlah seperti seseorang yang sedang berada di tempat kerja. Memang ponsel begitu menggoda untuk menghilangkan kebosanan menunggu. Tetapi apabila Anda ingin interview berjalan lancar, matikan ponsel agar Anda tidak dianggap sebagai penggila gadget yang bisa menurunkan kualitas diri di depan calon bos.

Hati-hati pertanyaan jebakan
Saat wawancara kerja, pewawancara kerap memberikan pertanyaan eksentrik yang jauh dari bidang pekerjaan Anda. Seperti film apa yang paling seru, buku apa yang Anda sukai, dan sebagainya.

Mereka tidak melihat jawaban Anda benar atau salah, tetapi mereka ingin melihat bagaimana reaksi Anda saat menjawab jenis pertanyaan tersebut. Pastikan Anda tetap tenang dan melakukan yang terbaik untuk menjawab pertanyaan jebakan semacam ini. Anda dianjurkan untuk tetap menjawab, meskipun Anda tidak ingin karena setiap jawaban lebih baik daripada tidak menjawab sama sekali.

Datang tepat waktu
Jangan sampai Anda melakukan kesalahan kecil dengan datang terlambat saat interview kerja. Tunjukkan kepada perusahaan yang Anda tuju bahwa Anda adalah orang yang bertanggung jawab dan selalu tepat waktu.

Bersiaplah membahas CV Anda
Informasi yang Anda tulis di CV (curriculum vitae) Anda harus bisa dipertanggungjawabkan saat dibahas oleh calon atasan. Anda harus siap membicarakan pengalaman-pengalaman sebelum bekerja di perusahan tersebut. Penting juga pada akhir wawancara Anda mengucapkan terima kasih kepada mereka atas waktunya. (Sumarni/Allwomenstalk)


(ROS)