Puluhan Ketupat 'Raksasa' Diarak di Yogyakarta

Ahmad Mustaqim    •    Minggu, 26 Jul 2015 21:26 WIB
lebaran 2015
Puluhan Ketupat 'Raksasa' Diarak di Yogyakarta
Gunungan ketupat raksasa dikirab di Yogyakarta, Metrotvnews.com/ Ahmad Mustaqim

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Masyarakat kampung wisata Pandeyan, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta mengarak gunungan ketupat memutari jalan kampung, Minggu (26/7/2015). Selain gunungan ketupat, ada pula puluhan nasi tumpeng, hasil bumi, dan 'ketupat raksasa' berada di belakangnya yang dikirab melewati Jalan Pandeyan, Jalan Babaran, Jalan Batikan, Jalan Veteran dan kembali ke Pandeyan.

Satu gunungan berisi puluhan ketupat dengan ukuran 'raksasa'. Masing-masing ketupat berdiameter kurang lebih 50 Cm. Tumpukan ketupat mencapai ketinggian kurang lebih 2 Meter.

Ketua panitia, Andi Surendra mengatakan kirab budaya bakda kupat tersebut merupakan gelaran kelima kalinya. Ketupat, kata dia, sebagai simbol saling memaafkan terhadap sesama.

"Ini juga sebagai wujud rasa syukur kita kepada Tuhan yang senantiasa memberikan kita berkah," kata dia di sela acara kirab itu.

Ia mengungkapkan, pelaksanaan kirab yang diikuti beragam pertunjukan budaya itu menjadi identitas budaya masyarakat Kota Yogyakarta. Andi juga berharap acara tersebut juga bisa meningkatkan pariwisata budaya di kampung tersebut, termasuk Kota Yogyakarta.

"Kami berharap bisa berkontribusi mengembangkan pariwisata, menjaga budaya dan gotong royong masyarakat," tuturnya.

Selain diikuti puluhan barisan Bregodo (pasukan), kelompok kesenian jathilan, dan kesenian barongsai, kirab juga diikuti perwakilan tokoh-tokoh agama, seperti Islam, Hindu, Budha, Katolik, dan Kristen.
 


(RRN)