Jelang Masuk Sekolah, Toko Peralatan Sekolah di Blok M Sepi Pembeli

Husen Miftahudin    •    Minggu, 26 Jul 2015 23:25 WIB
sekolah
Jelang Masuk Sekolah, Toko Peralatan Sekolah di Blok M Sepi Pembeli
Toko penjual peralatan sekolah di Blok M Square sepi pembeli - MTVN/Husen Miftahudin.

Metrotvnews.com, Jakarta: Mengawali hari pertama tahun ajaran 2015/2016, Senin, 27 Juli membuat siswa-siswi SD, SMP hingga SMA berburu buku, alat tulis dan pakaian baru untuk digunakan saat hari pertama masuk sekolah. Omset pedangang biasanya akan naik di tahun ajaran baru seperti sekarang ini.

Tapi rupanya hal ini tak berlaku bagi pedagang buku, alat tulis dan pakaian sekolah di Blok M Square. Pantauan Metrotvnews.com, beberapa toko penjualan peralatan sekolah tak seramai prediksi. Kondisi toko jauh dari kata ramai, bahkan sepi pembeli.

Menurut salah satu pedagang buku dan alat tulis sekolah, Parman,53, tokonya sepi sejak pagi hari. Bahkan omset yang diraupnya hari ini tak jauh berbeda dengan hari-hari biasanya, hanya Rp1,5 juta.

"Tidak jauh beda sama biasanya yang bisa raup Rp1,2 jutaan. Hari ini sepi, beda sama tahun lalu yang bisa mengantongi Rp3 juta hingga Rp5 jutaan," ujar Parman kepada Metrotvnews.com di Toko Tribuana Stationery miliknya yang berada di Lantai Ground Floor D230, Blok M Square, Jakarta Selatan, Minggu (26/7/2015).

Menurut pria paruh baya yang tinggal di Pademangan ini, sepinya pembeli alat tulis dan buku sekolah akibat terbentur libur hari raya Idul Fitri. Bahkan, beberapa teman sesama pedagang alat tulis dan buku sekolah di Blok M Square pun masih belum buka karena masih dalam rangka mudik lebaran.

"Jangankan pembeli, pedagang juga banyak yang masih belum buka. Di sini cuma saya sama dua (pedagang buku dan alat tulis sekolah) yang baru buka," paparnya.

Senada, pedagang Toko Buku Palapa yang tak jauh dari toko milik Parman pun mengalami nasib yang sama. Zuhal,48, sang pemilik membeberkan omset yang didapatnya pada masa akhir libur sekolah seperti saat ini turun dari penjualan di hari biasanya.

Berbeda dengan Parman, pria asal Sumatera Barat ini yakin jika minggu depan tokonya laris manis oleh pembeli. Menurut dia, anak-anak sekolah akan berburu buku, alat tulis hingga pakaian sekolah di minggu pertama masuk sekolah.

"Memang sekarang sepi, tapi biasanya di minggu-minggu pertama sekolah ramai lagi. Ya karena ini mungkin kena liburan lebaran juga, makanya sepi," tukasnya.

Sementara itu, salah satu pembeli buku, Nur,42, yang ditemui di lokasi mengungkapkan, ia hanya membeli sedikit perlengkapan sekolah. Sebab, perlengkapan sekolah buat anaknya yang duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP) sudah dibeli di kampung halaman.

"Saya sudah beli beberapa buku dan pakaian sekolah di sana (kampung). Jadi di sini hanya beli beberapa saja, tidak banyak," jelas Nur.



Toko penjual peralatan sekolah di Blok M Square sepi pembeli - MTVN/Husen Miftahudin.


(REN)

Rapat Pleno Penentuan Nasib Novanto Digelar Tertutup

Rapat Pleno Penentuan Nasib Novanto Digelar Tertutup

45 minutes Ago

DPP Partai Golkar tengah menggelar rapat pleno dengan agenda konsolidasi internal pasca-kasus y…

BERITA LAINNYA