Hari Ini, PM Inggris Temui Presiden Jokowi

Willy Haryono    •    Senin, 27 Jul 2015 05:38 WIB
indonesia-inggris
Hari Ini, PM Inggris Temui Presiden Jokowi
PM Inggris David Cameron. (Foto: AFP / Andrew Milligan)

Metrotvnews.com, Jakarta: Perdana Menteri Inggris David Cameron dijadwalkan bertemu Presiden Joko Widodo di Jakarta, Senin (27/7/2015). 

Ini merupakan kunjungan kedua Cameron ke Indonesia, namun merupakan kali pertama ke wilayah Asia setelah pemilihan umum Inggris pada Mei lalu. 

Cameron bersama beberapa menteri dan utusan khusus Inggris akan membicarakan hubungan bilateral Inggris dan Indonesia di berbagai sektor, termasuk finansial, energi, infrastruktur, perdagangan, investasi dan lainnya. 

"PM juga akan berdialog dengan pebisnis Asean Business Council di Jakarta," ucap Duta Besar Inggris untuk Indonesia Moazzam Malik dalam konferensi persnya, petang kemarin. 

Selain bisnis, Cameron juga akan membicarakan masalah ekstremisme yang semakin mengkhawatirkan dengan sejumlah petinggi agama, terutama terkait kelompok militan Islamic State (ISIS). Selama ini, ISIS dikenal mampu merekrut banyak militan dari berbagai negara. 

Menurut Moazzam, ada sekitar 1000 warga Inggris yang bergabung dengan ISIS di Irak dan Suriah. Jumlah ini relatif besar dibanding militan dari Indonesia, yang berjumlah sekitar separuh dari Inggris. Padahal, populasi Indonesia jauh lebih besar dari Inggris. 

"Inggris akan belajar dari Indonesia mengenai toleransi beragama," kata Moazzam.


(WIL)