Pansel Minta Wartawan Tak Wawancarai Capim KPK

M Rodhi Aulia    •    Senin, 27 Jul 2015 09:06 WIB
capim kpk
Pansel Minta Wartawan Tak Wawancarai Capim KPK
Ketua Tim Pansel KPK Destry Damayanti--antara/Yudhi Mahatma

Metrotvnews.com, Jakarta: Panitia Seleksi Calon Pimpinan (capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali menggelar tes lanjutan, hari ini, Senin (27/7/2015) pagi. Tes tahap III ini, akan diikuti sebanyak 48 calon pimpinan KPK yang sudah dinyatakan lolos pada tahap sebelumnya.

Pantauan Metrotvnews.com, mereka akan menjalani tes di Pusat Pendidikan dan Latihan Kementerian Kesehatan, Jalan Hang Jebat Raya, Blok F3, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

"Kebanyakan mereka (calon pimpinan KPK) pukul 06.00 WIB sudah ada di sini. Kan takut terlambat. Jadwalnya pukul 07.00 WIB," ujar salah seorang petugas keamanan berbaju biru langit yang tak menyebutkan namanya, di lokasi.

Namun ada juga yang baru hadir pada pukul 07.29 WIB, yaitu Capim yang berasal dari aktifis Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yaitu, Monica Tanuhandaru dengan menumpang sebuah taksi. Ia mengenakan kemeja hitam, menenteng sebuah tas ransel di tangan sebelah kiri dan masuk ke ruang tes.

Kali ini, tes tahap III yang dilakukan ke-48 capim KPK  terdiri dari tujuh orang perempuan, dan 41 orang laki-laki. Mereka akan menjalani rangkaian agenda profil assessment.

"Tes profile assessment itu ada ada dua. Hari ini lebih kepada penggalian potensi, sifatnya juga seperti psikotes. Kita lihat kepribadian mereka, dan juga tes bahasa Inggris. Kemudian, besok sifatnya lebih kompetensi. Interaktif discussion dengan para assesor para psikolog dan dari berbagai bidang," ungkap Ketua Pansel Capim KPK Destry Damayanti di lokasi.

Di sini, sambung Destry, pihaknya sedang benar-benar melihat lebih dalam personality para calon dan diseimbangkan dengan ribuan laporan masyarakat yang sudah masuk ke situs resmi pansel.

Dia juga meminta kepada wartawan untuk tidak mewawancarai peserta tes tersebut, karena jadwal yang sangat padat dan butuh konsentrasi. "Hari ini sampai pukul 22.00 WIB, dan besok mungkin sampai Maghrib," tukas dia.

Diketahui, para capim KPK ini, datang dari latar belakang profesi yang beragam. Sebanyak delapan orang akademisi, sembilan orang penegak hukum (Perwira Polri, Jaksa dan Hakim), lima orang internal KPK, Empat orang auditor, Empat orang pegawai lembaga negara, Tiga orang advokat, Tiga orang LSM, Tiga orang PNS, dan profesi lainnya, tiga orang.

Berikut daftar 48 orang capim KPK yang lolos seleksi tahap II

1. Ade Maman Suherman
2. Agus Rahardjo
3. Agus Rawan
4. Alexander Marwata
5. Basaria Panjaitan
6. Budi Pribadi
7. Budi Santoso
8. Chesna Fizetty Anwar
9. Firman Zai
10. Firmansjah
11. Firmansyah TG Satya
12. Giri Suprapdiono
13. Hendardji Supandji
14. Hesti Armiwulan Sochma
15. Hulman Siregar
16. Indra Utama
17. Jamin Ginting
18. Jimmly Assiddiqie
19. Jimmy M. Rifai Gani
20. Johan Budi Sapto Pribowo
21. Krisnadi Nasution
22. Lalu Suprapta
23. Laode Muhamad Syarief
24. Lucky Djuniardi Djani
25. Maman Setiaman Partaatmadja
26. Moh. Gudono
27. Monica Tanuhandaru
28. Mulyanto
29. Niko Adrian Azwar
30. Nina Nurlina Pramono
31. R. Bagus Dwiantho
32. Rodjai S Irawan
33. Roni Ihram Maulana
34. Rooseno
35. Rudiard ML Tampubolon
36. Sarwono Sutikno
37. Saut Situmorang
38. Sri Harijati
39. Suhardi
40. Sujanarko
41. Surya Tjandra
42. Syahrul Mamma
43. Ubaidilah Nugraha
44. Wewe Anggreaningsih
45. Y Usfunan
46. Yohanis Anthon Raharusun
47. Yotje Mende
48. Yudi Kristian


(YDH)

Istri Besuk Setya Novanto di Rutan KPK

Istri Besuk Setya Novanto di Rutan KPK

1 hour Ago

Keluarga telah diizinkan untuk membesuk Setya Novanto di Rutan KPK. Istri didampingi dua kolega…

BERITA LAINNYA