Pemerintah Tiongkok Hilangkan Larangan Penjualan Konsol

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Senin, 27 Jul 2015 10:11 WIB
games
Pemerintah Tiongkok Hilangkan Larangan Penjualan Konsol
Kini para perusahaan pembuat konsol dapat beroperasi di Tiongkok. Christian Petersen/Getty Images/AFP

Metrotvnews.com: Tiongkok akhirnya memutuskan untuk menghapuskan larangan penjualan konsol yang telah berlaku selama 15 tahun. Berdasarkan pernyataan Menteri Kebudayaan Tiongkok, sekarang, perusahaan pembuat konsol - di antaranya Sony, Nintendo dan Microsoft - akan diperbolehkan untuk membuat dan menjual konsol di Tiongkok.

Larangan untuk membuat dan menjual konsol pertama kali diberlakukan pada tahun 2000. Ketika itu, alasan pemerintah Tiongkok memberlakukan larangan ini adalah karena mereka khawatir konsol dan game-game yang dapat dimainkan melalui konsol tersebut akan memberikan pengaruh buruk pada perkembangan mental dan fisik anak-anak.

Tahun lalu,  pemerintah Tiongkok memperingan larangan dengan membolehkan pembuat konsol membuat dan menjual konsol di di free trade zone alias zona dagang bebas.

Seperti yang disebutkan The Verge, sayangnya, hal tersebut tidak membantu banyak perusahaan-perusahaan pembuat konsol karena rumitnya persyaratan yang harus mereka penuhi jika ingin membuat dan menjual konsol di Tiongkok.

Jika mereka ingin membuat pabrik untuk membuat konsol, maka mereka harus membuat kontrak dengan pemerintah. Tidak hanya itu, mereka juga harus mendapatkan persetujuan pemerintah untuk setiap konsol yang mereka jual. Para pemilik konsol juga akan dipantau pemerintah.

Sekarang, pemerintah Tiongkok telah menghapuskan larangan penjualan dan pembuatan konsol. Meskipun begitu, mengingat warga Tiongkok telah hidup selama 15 tahun tanpa mengenal konsol, para gamer di sana telah terbiasa memainkan game-game untuk PC, perangkat mobile atau game website. Para pembuat konsol tampaknya harus berusaha keras jika mereka ingin meyakinkan masyarakat Tiongkok untuk sekali lagi, mulai membeli konsol.


(ABE)