Balap Motor

Yamaha Kembali Juarai Suzuka 8-Hours Setelah 19 Tahun

Ainto Harry Budiawan    •    Senin, 27 Jul 2015 08:51 WIB
balap motor
Yamaha Kembali Juarai Suzuka 8-Hours Setelah 19 Tahun
Bradley Smith jadi pembalap penentu dari tim Yamaha Factory Racing.

Metrotvnews.com: Pabrikan garpu tala yaitu Yamaha, kembali sumringah setelah berhasil menjuarai balap ketahanan Suzuka 8 Hours pada Minggu, 26 Juli, kemarin. Ini adalah juara pertama mereka sejak terakhir diraih tahun 1996 atau 19 tahun yang lalu.

Diperkuat Bradley Smith, Pol Espargaro (pembalap MotoGP Tech3) dan Katsuyuki Nakasuga (test rider Yamaha Factory), tim ini mengawali lomba dengan kurang baik dan sempat terkena penalti.

Setelah mencatatkan rekor di sesi superpole dengan waktu 2 menit 6 detik oleh Espargaro, tim Yamaha Factory Racing mengawali jalannya balapan dari posisi pertama. Berbeda dengan balapan biasa, pembalap mengawali balapan dari grid sesuai hasil kualifikasi, maka balap ketahanan diawali dengan pembalap yang berlari menuju motornya masing-masing dari sisi kanan ke sisi kiri.

Meski mengawali jalannya balapan dengan kurang baik, Nakasuga berhasil mendahului sejumlah pembalap lain. Termasuk ketika Casey Stoner yang terlibat kecelakaan serius setelah satu jam balapan berlangsung.

Setelah Espargaro menggantikan Nakasuga, Smith dipercaya sebagai pembalap terakhir hingga finish. Banyak drama dalam balam ketahanan paling bergengsi untuk roda dua ini, mulai dari pembalap jatuh yag membuat safety car masuk kelintasan beberapa kali.

Terakhir Yamaha merebut juara Suzuka 8 Hours tahun 1996 dengan pembalap Colin Edwards dan Noriyuki Haga yang memacu Yamaha YZF750. Tahun 2015 sendiri jadi comeback pertama tim pabrikan Yamaha setelah terakhir kali turun tahun 2002 silam.

Posisi kedua sendiri diraih TSR Honda yang diperkuat Dominique Aegerter, Josh Hook dan Kyle Smith. Posisi ketiga dicapai All-Star Team Kagayama, yakni Yukio Kagayama, Ryuichi Kiyonari dan Noriyuki Haga.

Dalam balapan Suzuka 8 Hours, sejumlah pembalap Indonesia turut meramaikan. Seperti HA Yudhistira yang bergabung dengan Team Green, dan finish diposisi sembilan. Sedang Dimas Ekky Pratama dengan tim Satu Hati Honda Team Asia finish ke-18, setelah terkena masalah teknis lampu saat balapan menjelang malam.


(UDA)