Wawasan Kebangsaan Jadi Materi Wajib MOS di Mojokerto

Nurul Hidayat    •    Senin, 27 Jul 2015 10:39 WIB
pendidikan
Wawasan Kebangsaan Jadi Materi Wajib MOS di Mojokerto
Sejumlah siswa mengikuti MOS di sebuah SMA di Yogyakarta pada 2014, Ant/ Noveradika

Metrotvnews.com, Mojokerto: Wawasan Kebangsaan menjadi materi wajib dalam masa orientasi siswa (MOS) di Mojokerto, Jawa Timur. MOS berlangsung mulai Senin 27 Juli dan berakhir pada 29 Juli 2015 secara serentak di tingkat SD hingga SMA.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Mojokerto Yoko Priono meminta pihak sekolah memberikan materi tersebut kepada anak didik di awal masuk sekolah. Menurutnya, Wawasan Kebangsaan merupakan cikal bakal rasa memiliki dan patriotisme terhadap keutuhan negara.

"Namun rasa itu tidak dapat tumbuh hanya dalma waktu 3 hari pelaksanaan mos, untik itu tugas kita lah mengawal rasa itu harus tetap ada pasca mos," kata Yoko.

Selain itu, Yoko meminta pihak sekolah mewajibkan anak-anak dirik mengikuti kegiatan ekstrakurikuler Pramuka. Ia menilai kegiatan itu mengajarkan kemandirian setelah para siswa lulus sekolah.

"Terlepas semua itu, jika pihak sekolah merasa kekurangan tenaga pengajar maka bisa menghubungi dinas pendidikan Kabupaten Mojokerto untuk diteruskan kepada Kwarcab Pramuka Mojokerto untuk meminta bantuan tenaga pembimbing," pungkasnya.


(RRN)

Politikus Golkar Siap Bantu KPK Tuntaskan Kasus KTP-el

Politikus Golkar Siap Bantu KPK Tuntaskan Kasus KTP-el

39 minutes Ago

Politikus Partai Golkar Ade Komaruddin siap membantu Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengusu…

BERITA LAINNYA