Pertamina Targetkan Cadangan Minyak Sampai 30 Hari

Annisa ayu artanti    •    Senin, 27 Jul 2015 11:57 WIB
minyakpertamina
Pertamina Targetkan Cadangan Minyak Sampai 30 Hari
Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto (kiri) (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Pertamina (Persero) dalam waktu dekat ini menargetkan mampu meningkatkan cadangan minyak sampai dengan 30 hari. Hingga saat ini, cadangan yang dimiliki masih berada di bawah 30 hari.

Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto menjelaskan cadangan minyak saat ini hanya cukup untuk 18 hari sampai dengan 20 hari. Untuk menekan hal-hal yang tidak diinginkan, rencananya cadangan minyak ini akan ditingkatkan lagi menjadi 30 hari.

"Sekarang itu 18 hari hingga 20 hari nanti kita akan 30 hari dalam waktu dekat," kata Dwi, saat halal bihalal, di Kantor Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Senin (27/7/2015).

Perlu diketahui, jika berbicara soal cadangan minyak, ada cadangan minyak yang dipikul sendiri oleh Pertamina sebagai cadangan operasional. Namun, cadangan operasional ini belum mengindikasikan cadangan nasional secara menyeluruh karena memang berbeda dengan cadangan nasional itu sendiri.

"Ada cadangan operasional yang dipikul perusahaan. Kalau kita mau aman secara nasional ada yang namanya cadangan nasional. Cadangan nasional tidak bisa dibebankan kepada Pertamina secara keseluruhan," jelas dia.

Dwi berpendapat, untuk mencapai ketersediaan cadangan minyak nasional dalam kondisi aman maka perlu ada pembicaraan lebih mendalam baik oleh Pertamina maupun kepada para stakeholder lainnya sehingga target cadangan minyak nasional ini dapat terpenuhi.

"Perlu didudukan di masa yang akan datang," pungkas dia.


(ABD)