Motor Baru

BMW Patenkan Desain Skutik Berkapasitas Mesin Kecil

Ainto Harry Budiawan    •    Senin, 27 Jul 2015 12:07 WIB
motor baru
BMW Patenkan Desain Skutik Berkapasitas Mesin Kecil
Desain yang dipatenkan sebagai calon skutik baru dari BMW Motorrad. Motorcycle

Metrotvnews.com: BMW Motorrad saat ini memiliki tiga model skutik dipasaran, yakni C Evolution bertenaga listrik, dan skutik dengan mesin dua silinder yakni C600 Sport dan C650GT. Kesemuanya masuk dalam kategaori maxi scooter yang artinya bermesin dan berdimensi gambot.

Tapi dirilis Motorcycle, mereka baru saja mematenkan desain skuter bermesin kecil. Desain skutik ini diketahui bermesin silinder tunggal, yang terpasang pada satu dudukan saja. Sepintas mirip dengan engine mounting pada skutik yang beredar di Indonesia.

Sasis dari skutik ini sangat berbeda dengan model skuter BMW saat ini. Posisi sokbreker vertikal yang terpasang pada ujung CVT dan ujung sasis. Sementara model skutik BMW seluruhnya mengusung sokbreker horizontal.

Dalam paten yang dirilis oleh World Intellectual Property Organization itu tak disebutkan kapasitas mesin yang digunakan. Tapi dipercaya mesin ini akan jadi solusi untuk bersaing dengan kompetitor seperti Piaggio Beverly 330 cc, Honda PCX 153 cc dan Kymco Downtown 300i.

Diperkirakan mesin berkapasitas 150 hingga 300 cc siap dipasangkan. Jika benar, maka skutik ini kelak akan jadi sepeda motor dari BMW Motorrad berkapasitas mesin paling kecil.



(UDA)