Selama Muktamar NU, 4 Ponpes di Jombang Libur

Nurul Hidayat    •    Senin, 27 Jul 2015 12:26 WIB
muktamar nahdlatul ulama
Selama Muktamar NU, 4 Ponpes di Jombang Libur
Gubernur Soekarwo memantau empat ponpes yang menjadi tuan rumah Muktamar ke-33 NU di Jombang, Metrotvnews.com/ Nurul Hidayat

Metrotvnews.com, Jombang: Empat Pondok Pesantren meliburkan kegiatan belajar mengajar selama pelaksanaan Muktamar ke-33 Nahdlatul Ulama (NU) di Jombang, Jawa Timur. Para santri kembali masuk ke pesantren pada 10 Agustus 2015.

Ketua Pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Ulum Jombang, KH Kholil Dahlan, mengatakan libur selama Muktamar digabung dengan masa libur semester genap dan lebaran. Sehingga, liburan kesannya kebih lama.

"Mereka (santri, red) ketika selesai ujian semester genap tidak libur dan baru libur selepas tanggal 19 Ramadhan. Untuk itu mekanismenya digabung dan baru masuk selesai muktamar," jelas KH Kholil, Senin (27/7/2015).

Pengelola ponpes pun memanfaatkan momen itu dengan menjadikan asrama sebagai tempat menginap para tamu muktamar. Sehingga pengelola pondok pun leluasa menjamu tamu dan undangan dari seluruh daerah di Indonesia.

"Diperkirakan akan ada 850 perwakilan dari Nusa Tenggara Timur (NTT), Bali, dan Kalimantan yang akan menempati Ponpes Darul Ulum. Untuk itu beberapa asrama akan digunakan oleh para muktamirin dan sudah siap," imbuhnya.

Ponpes Darul Ulum (Peterongan) merupakan salah satu dari empat ponpes yang ditujuk untuk menjadi Basecamp para muktamirin pada pelaksanaan Muktamar Ke 33 NU di Kabupaten Jombang Jawa Timur. Ketiga ponpes lainya yakni Ponpes Tebuireng, Ponpes Bahrul Ulum (Denayar), serta Ponpes Mambaul Maarif (Denayar).

 


(RRN)