Sudahkah Anda Menjadi Ayah yang Baik?

Adi Waluyo    •    Senin, 27 Jul 2015 12:51 WIB
keluarga
Sudahkah Anda Menjadi Ayah yang Baik?
Ilustrasi (Foto: Huffingtonpost)

Metrotvnews.com: Peran ayah dalam keluarga tidak hanya sekadar mencari nafkah. Ayah juga dituntut harus bisa mendidik anak-anaknya. Beberapa hal bahkan lebih baik diajarkan kepada anak oleh sang ayah ketimbang ibunya.

1. Responsif 
Menjadi ayah yang responsif mutlak diperlukan bila Anda ingin membangun hubungan yang baik dengan anak. Biarkan mereka tahu Anda menghargai usaha mereka. Dijamin anak Anda akan lebih menyayangi dan menghargai Anda.

2. Tingkatkan kepercayaan diri anak
Mengajarkan anak bagaima menghargai dirinya sendiri akan membuat mereka lebih bahagia dan lebih percaya diri. Seorang ayah harus aktif dan sepenuhnya terlibat dalam kehidupan anak sehingga mereka tahu bahwa mereka sangat dihargai oleh ayahnya.

3. Menepati janji 
Seiring pertumbuhan anak, Anda harus menepati janji yang Anda ucapkan. Janji-janji untuk anak adalah fondasi dari hubungan Anda. Penuhi apa yang telah Anda janjikan pada mereka tanpa kompromi apapun.

4. Menjadi guru yang ramah 
Bila anak berbuat salah, koreksi mereka dengan cara yang ramah. Membuat mereka memahami realita dengan nasihat yang ramah. Amarah tidak akan membuat mereka menyadari kesalahan mereka. Sebaliknya hal itu akan menarik mereka ke jalan yang salah.

5. Menjadi pemandu dan mentor 
Ini merupakan elemen penting ketika anak-anak Anda menginjak usia remaja. Ini adalah periode penting di mana mereka harus dibimbing. Jika anak-anak Anda datang pada Anda tanpa malu-malu dengan masalah pribadi mereka, Anda telah berhasil sebagai seorang mentor dan pemandu.

6. Jadilah teladan bagi anak
Anak-anak Anda, baik laki-laki maupun perempuan, membutuhkan Anda sebagai panutan. Jangan salah: Anak-anak selalu mengamati Anda setiap saat. Sadar atau tidak, anak laki-laki akan menjadi seperti Anda. Anak gadis Anda akan mencari seorang pria yang mirip dengan Anda. Beri mereka gambaran seorang ayah dan laki-laki yang dapat mereka banggakan. 

7. Menerapkan kedisiplinan yang menyenangkan 
Beberapa ayah membuat kesalahan dengan hanya menerapkan kedisiplinan tanpa memperhatikan apa yang anak rasakan. Seorang ayah yang ideal harus mampu menyeimbangkan antara kedisiplinan dan kegembiraan. Anak-anak perlu dibimbing bagaimana melakukan sesuatu secara wajar, batasan-batasan yang tak boleh dilanggar, bagaimana mengisi waktu dengan baik, tanggung jawab dan yang paling utama adalah kegembiraan saat melaksanakannya.

8. Ajarkan mereka keterampilan hidup yang penting 
Sebagian besar keterampilan hidup yang penting yang dibutuhkan anak-anak hanya bisa dipelajari di rumah. Ayah memiliki kesempatan unik untuk mengajarkan anak-anak keterampilan berharga yang akan memungkinkan mereka menjadi orang dewasa yang mandiri, sehat, produktif dan bertanggung jawab.

9. Waktu dan toleransi 
Hal yang paling penting yang dapat Anda lakukan adalah dengan menghabiskan waktu dengan anak-anak Anda. Seiring waktu, Anda perlu bertoleransi dengan anak Anda dan Anda bisa mengenalnya dengan baik. Berlakulah lembut terhadap anak-anak Anda. Beri mereka kesempatan untuk belajar, bereksperimen dan belajar saling menghargai.

10. Cinta, cinta, dan cinta
Curahkanlah kasih sayang sepanjang waktu untuk anak-anak Anda. Cinta bukan hanya sekadar ucapan kata-kata, "Aku mencintaimu." Ayah yang mencintai anak akan menunjukkan cinta mereka dengan menghabiskan waktu yang berkualitas bersama anak-anak mereka. Anak-anak yang merasa dicintai lebih mungkin untuk mengembangkan ikatan emosional yang kuat dengan ayah mereka dan punya kepercayaan diri yang positif. (TOI)


(AWP)