Kapolres Tolikara Diganti, Wakapolda: Tak Ada Hubungannya dengan Kerusuhan

Ricardo Hutahaean    •    Senin, 27 Jul 2015 13:48 WIB
penyerangan
Kapolres Tolikara Diganti, Wakapolda: Tak Ada Hubungannya dengan Kerusuhan
Mapolres Tolikara, Mi/ Marcel Kelen

Metrotvnews.com, Jayapura: AKBP Suroso 'dicopot' dari jabatannya sebagai Kapolres Tolikara, Papua. Jabatan itu kini ditempati AKBP Musa Korwa. Penggantian jabatan dilakukan 10 hari setelah kerusuhan terjadi di Tolikara di saat umat Muslim tengah melaksanakan salat Idul Fitri 1436 Hijriah.

Acara serah terima jabatan berlangsung di ruang Rastra Samara Polda Papua di Kota Jayapura, Senin 27 Juli. Wakil Kapolda (Wakapolda) Papua Brigjen Pol Rudolf Roja memimpin langsung acara tersebut.

Brigjen Pol Rudolf membantah penggantian jabatan terkait dengan kasus kerusuhan di Tolikara. Menurutnya, AKBP Suroso mendapat jabatan promosi sebagai Direktur Operasi di Irwasda Polda Papua.

"Tidak ada kaitannya dengan itu. Ini mutasi biasa dan Kapolres sebelumnya sudah bekerja cukup baik di Tolikara," tegas Wakapolda.

Hingga berita ini diturunkan, Polda Papua menetapkan dan memeriksa dua tersangka dalam kasus tersebut. keduanya berinisial AK dan JW. Keduanya diduga menghasut sekelompok orang untuk menyerang warga yang sedang melaksanakan salat Id pada 17 Juli 2015.


(RRN)