Indonesia Perlu Waspadai Pelemahan Ekonomi Tiongkok

Eko Nordiansyah    •    Senin, 27 Jul 2015 13:51 WIB
ekonomi indonesia
Indonesia Perlu Waspadai Pelemahan Ekonomi Tiongkok
ekonomi indonesia Antara

Metrotvnews.com, Jakarta: Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo mengungkapkan kondisi perekonomian dunia yang perlu diwaspadai oleh Indonesia adalah kondisi perekonomian di Tiongkok.

"Kita mengikuti, bagi Indonesia kondisi dunia yang perlu diperhatikan adalah kondisi di Tiongkok," ujarnya di Kantor OJK Gedung Soemitro, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Senin (27/7/2015).

Dirinya menambahkan perekonomian di Tiongkok pernah tumbuh hingga 10 persen selama 20 tahun. Namun, selama tiga tahun terakhir kondisi perekonomiannya terkoreksi turun. Bahkan diperkirakan 6,8 persen di 2015.

Mantan Menteri Keuangan era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan, koreksi di pasar modal Tiongkok sebesar 30 persen akan kembali mempengaruhi kondisi Indonesia.

"Hal ini juga berpengaruh, tidak langsung ke Indonesia tapi pengaruh ke confident masyarakat dunia bahwa di dunia sedang terjadi ketidakpastian," terangnya.

Selain itu, yang perlu diperhatikan oleh pemerintah Indonesia adalah kondisi ekonomi dunia yang terus terkoreksi dari 3,8 hingga 3,5 persen.

"Bulan lalu diperkirakan 3,39 persen ternyata malah kita prediksi 3,3 persen jadi lebih rendah dari tahun lalu yang 3,4 persen dan ini berpengaruh kepada dunia dan juga Indonesia," pungkas dia.


(SAW)

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

5 hours Ago

KPK akan tetap menghadapi proses persidangan selanjutnya yang masuk dalam tahap pembuktian.

BERITA LAINNYA