Sidang Perdana Praperadilan Bupati Morotai Ditunda Sepekan

Deny Irwanto    •    Senin, 27 Jul 2015 14:34 WIB
praperadilan
Sidang Perdana Praperadilan Bupati Morotai Ditunda Sepekan
Tersangka suap sengketa Pilkada Morotai Rusli Sibua usai diperiksa di gedung KPK, Jakarta, Rabu 22 Juli 2015. Antara Foto/Akbar Nugroho Gumay

Metrotvnews.com, Jakarta: Sidang perdana gugatan praperadilan yang diajukan Bupati Morotai Rusli Sibua (RS) dengan pihak termohon Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan ditunda.

Penyebabnya KPK tidak hadir dan meminta jadwal sidang ditunda hingga dua pekan. "KPK meminta waktu hingga dua minggu ke depan karena masih perlu menyiapkan surat-surat serta ahli," kata Hakim Martin Ponto Widara di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin (27/7/2015).

Martin akhirnya memutuskan menunda sidang hingga Senin 3 Agustus. Kuasa Hukum Rusli Sibua, Achmad Rifai, mengatakan ada indikasi KPK mengulur-ulur waktu sidang. Pihaknya berharap KPK komitmen dan bisa hadir dalam sidang, Senin mendatang.

Surat perintah penyidikan terhadap Rusli Sibua diterbitkan pada 25 Juni 2015. Dia disangkakan memberi atau menjanjikan sesuatu pada Akil Mochtar selaku Hakim Konstitusi dengan tujuan untuk mempengaruhi putusan sengketa Pilkada Morotai di MK pada 2011.

Dalam dakwaannya, Akil disebut meminta uang untuk menyetujui keberatan hasil pilkada 2011 di Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara. Akil menerima Rp2,989 miliar dari Rp6 miliar yang diminta.


(TRK)