Ini Makanan Penyebab Bau Napas Tak Sedap

   •    Senin, 27 Jul 2015 14:57 WIB
kecantikan
Ini Makanan Penyebab Bau Napas Tak Sedap
Ilustrasi (Foto: oxyfresh)

Metrotvnews.com: Bau mulut yang buruk selalu dikaitkan dengan kondisi pencernaan perut Anda, terutama untuk makanan yang Anda konsumsi. Tidak ada orang yang ingin napasnya tak sedap. 

Tak perlu khawatir, selain memastikan kebersihan mulut Anda terjaga, hindarilah makanan-makanan di bawah ini agar napas Anda selalu segar.

1. Mints
Permen yang seharusnya membuat mulut Anda segar ternyata malah yang menyebabkan bau mulut. Anda pasti terkejut bukan? Tapi ya, itu memang terjadi. Saat anda mengunyah permen mint dan mentol, ketika khasiat permen tersebut mulai mereda, maka napas Anda akan lebih buruk dari sebelumnya. 

2. Makanan manis
Saat Anda memanjakan mulut Anda dengan makanan yang manis-manis, itu sama saja, Anda membuat bakteri dalam mulut Anda berkembang biak dengan cepat. Dengan banyaknya bakteri dalam mulut, sudah jelas Anda akan memiliki napas yang bau. 

3. Protein
Anda sudah mengetahui bahwa amonia itu berbau menyengat. Sebenarnya, senyawa ini muncul saat protein diproses oleh tubuh. Namun, menghindari asupan protein demi menjaga napas Anda, itu sesuatu yang salah. Anda hanya harus membatasi asupan protein secukupnya agar amonia tidak terlalu menyengat saat Anda bernapas dari mulut.

4. Makanan asam
Kopi, jus tomat, jus jeruk, kecap, telur, acar, selai, saus pasta, dan sebagainya memiliki kecenderungan memproduksi bakteri-bakteri penyebab bau napas. Menghindari makanan-makanan tersebut tidak hanya membantu menyegarkan mulut Anda, namun melindungi perut Anda dari sakit maag.

5. Alkohol
Alkohol juga cenderung membuat mulut Anda kering. Anda harus mengetahui dengan baik bahwa apabila mulut kering berarti kandungan air liurnya lebih rendah. Sedangkan, air liur mengandung oksigen yang berperan untuk mengurangi bakteri di dalam mulut. Jadi kesimpulannya, apabila Anda minum alkohol, napas Anda akan berbau tak sedap. (Sumarni/ India Times)


(AWP)