Ketua DPR: Tiongkok Mitra Strategis RI

Al Abrar    •    Senin, 27 Jul 2015 15:07 WIB
dpr ads
Ketua DPR: Tiongkok Mitra Strategis RI
Setya Novanto. Antara Foto/Akbar Nugroho

Metrotvnews.com, Jakarta: Ketua DPR Setya Novanto menyebut Republik Rakyat Tiongkok (RRT) sebagai mitra strategis bagi Indonesia. Novanto menyampaikan itu usai menerima kunjungan Chairman of the National Committee of the Chinese People's Consultative Conference, Yu Zhengsheng.

"Tahun ini adalah tahun ke-65 hubungan bilateral Indonesia dengan Tiongkok. Saya kira tidak perlu diragukan lagi bahwa Tiongkok merupakan mitra strategis yang sangat penting bagi Indonesia," kata Novanto di gedung DPR RI, Jakarta, Senin (27/7/2015).

Novanto mengatakan, kerja sama bilateral dengan Tiongkok seperti poros maritim dan modal dasar pendirian bank infrastruktur. Ini akan memberi arti yang besar untuk pembangunan infrastruktur di Indonesia khususnya yang berkaitan dengan kerja sama di laut.

Untuk sektor perdagangan dan investasi, Novanto mengatakan, Tiongkok merupakan mitra dagang terbesar Indonesia. Dia berharap target volume perdagangan antardua negara tercapai.

Dia juga berharap kerja sama lanjutan dengan Tiongkok potensi pembangunan Indonesia dapat tercapai. Tiongkok dapat meningkatkan investasinya di Indonesia terutama di sektor energi dan infrastruktur.

"DPR menyambut baik kesepakatan kedua negara untuk menargetkan volume perdagangan bilateral menjadi USD80 miliar pada 2015, yang sebelumnya USD48,23. DPR juga berharap Tiongkok membuka akses lebih besar bagi produk unggulan Indonesia," tukas dia.


(TRK)