Ketua MPR Perkenalkan 4 Pilar ke Parlemen Tiongkok

Anggitondi Martaon    •    Senin, 27 Jul 2015 15:26 WIB
mpr ads
Ketua MPR Perkenalkan 4 Pilar ke Parlemen Tiongkok
Ketua MPR RI Zulkifli Hasan menyambut Ketua Parlemen China Yu Zhengsheng yang datang bersama delegasi pada acara kunjungan di Gedung Delegasi MPR, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta -- MI/Mohamad Irfan

Metrotvnews.com, Jakarta: Ketua Parlemen Tiongkok, Yu Zhengsheng, mengunjungi MPR, DPR, DPD RI. Dalam kunjungannya tersebut, Zhengsheng diprkenalkan peran dan fungsi MPR RI serta sosialisasi empat pilar kebangsaan.

"Ada empat pilar kebangsaan, yaitu Pancasila, UUD 45, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika. Pancasila adalah kebersamaan, asasnya kekeluargaan, gotong royong, serta musyawarah mufakat," kata Ketua MPR Zulkifli Hasan di gedung Nusantara V, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (27/7/2015).

Zulkifli juga menjelaskan mengenai Bhineka Tunggal Ika, yang merupakan gambaran kemajemukan masyarakat. Indonesia terdiri dari berbagai suku yang memiliki 600 bahasa, berbagai agama dan golongan.

"Tapi kami satu dan itu disepakati pada tanggal 18 Agustus 1945. Kami semua sama dan berhak jadi apapun di negeri ini. Apapun agama dan asal, memiliki hak yang sama dan tidak ada peraturan yang membeda-bedakan kami," terangnya.

Indonesia, menurut Zuklifli, sangat tidak mentolerir sikap radikalisme tumbuh di Indonesia karena bisa mencederai budaya toleransi yang selama ini dijunjung tinggi. ‎Setiap golongan masyarakat di Indonesia hidup secara berdampingan tanpa membedakan suku, agama dan ras.‎

"Ada pasar, sebelahnya Jawa, Tionghoa dan lain-lain. Buat kami tak masalah. Itulah indonesia," jelasnya.

Politisi Partai PAN ini menegaskan, kunjungan parlemen Tiongkok merupakan bukti adannya hubungan baik kedua negara dari berbagai hal. Termasuk ekonomi dan budaya.

Saat meyambut Parlemen Tiongkok, Zulkifli didampingi Wakil Ketua MPR EE Mangindaan, Ketua Fraksi PDIP MPR RI Ahmad Basarah, Ketua Fraksi Partai Golkar MPR RI Idris Laena, dan sejumlah anggota MPR RI lainnya.


(NIN)

KPK Ambil <i>Medical Record</i> Setya Novanto

KPK Ambil Medical Record Setya Novanto

8 hours Ago

Salah satu staf pimpinan DPR yang kerap mengurus keperluan Novanto mengaku, rombongan KPK berku…

BERITA LAINNYA