APPI: Kredit Macet di Angka 2%

Antara    •    Senin, 27 Jul 2015 15:26 WIB
multifinance
APPI: Kredit Macet di Angka 2%
APPI (Foto: Dokumentasi APPI)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sekretaris Jendral Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI) Efrinal Sinaga mengatakan kredit macet pada industri perusahaan pembiayaan (multifinance) saat ini masih pada angka dua persen.

"Kredit macet saat ini masih bersifat terkendali atau tidak mengkhawatirkan karena pada kisaran dua persen," kata Efrinal, usai menghadiri acara halal bihalal, di Kantor OJK, Jakarta, Senin (27/7/2015).

Meski berada di angka dua persen, namun dirinya tak memungkiri ada beberapa perusahaan pembiayaan yang melewati angka tersebut dan berada di level lima persen. Hal tersebut memiliki banyak faktor penyebabnya, di antaranya kemampuan bayar konsumen sendiri, kurang tepatnya pada analisa awalnya, serta pengaruh bisnis yang pada saat ini sedang mengalami perlambatan.

"Akibat perlambatan juga bisa mengakibatkan bisnis dari nasabah kurang lancar, atau bisa juga karena tumbuhnya pembiayaan tidak maksimal sehingga sebagai penyebut menjadi kecil daripada angka pembilangnya," ucap Efrinal.

Efrinal menambahkan, pada sektor pembiayaan mengalami pertumbuhan sekitar 4,6 persen di semester I-2015. "Kondisi semester pertama tumbuh tidak sampai lima persen, sembari menunggu 'closing' dari OJK," ujarnya.

Hal tersebut terjadi pada rata-rata total dari keseluruhan perputaran bisnis industri. Lebih lanjut ia menyimpulkan dari tahun-tahun sebelumnya pertumbuhan telah mengalami perlambatan. "Mayoritas pembiayaan cicilan atau pertumbuhan kredit ada pada kredit mobil dan motor," pungkasnya.


(ABD)

KPK Periksa Istri Setya Novanto

KPK Periksa Istri Setya Novanto

9 minutes Ago

Jakarta: Istri Ketua DPR RI Setya Novanto, Deisti Astriani Tagor menjalani pemeriksaan di KPK, …

BERITA LAINNYA