Ratusan Ribu Warga Pamekasan Belum Memiliki E-KTP

Agus Josiandi    •    Senin, 27 Jul 2015 15:51 WIB
kependudukan
Ratusan Ribu Warga Pamekasan Belum Memiliki E-KTP
Seorang warga Pamekasan menunjukkan KTP ganda miliknya. Foto: Metrotvnews.com/Agus Josiandi

Metrotvnews.com, Pamekasan: Sekitar 100 ribu warga Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, belum mengantongi kartu tanda penduduk elektronik (E-KTP) hingga pertengahan 2015 ini. Padahal E-KTP sudah diberlakukan secara resmi pada awal 2015 lalu oleh pemerintah.

Menurut Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Pamekasan, Herman Kusnadi, sampai saat ini hanya 500 ribu warga yang melakukan perekaman data E-KTP. Padahal, total penduduk Pamekasan yang wajib memiliki KTP sebanyak 600 ribu orang.

"Makanya kami keluarkan kebijakan bahwa setiap warga yang mengurus administrasi kependukan harus melakukan perekaman E-KTP," katanya, Senin (27/7/2015).

Hal itu juga bertujuan agar data kependudukan di Kabupaten Pamekasan benar-benar valid karena sejauh ini dia masih menemukan banyak nomor induk kependudukan (NIK) ganda.

"NIK ganda banyak ditemukan karena pendataan awal pada 2009 amburadul," imbuh Herman.

Selama E-KTP belum ada, pendataan administrasi kependudukan akan mengacu pada dokumen yang sudah ada. Seperti ijazah dan dokumen lain yang mendukung.

Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo memastikan masyarakat Indonesia di atas 17 tahun wajib memiliki E-KTP. "Tahun 2015, seluruh warga negara Indonesia yang dewasa ditargetkan sudah memiliki E-KTP," kata Tjahjo.


(UWA)

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

21 hours Ago

KPK akan tetap menghadapi proses persidangan selanjutnya yang masuk dalam tahap pembuktian.

BERITA LAINNYA