Olahraga yang Baik Untuk Kesehatan Jantung

   •    Senin, 27 Jul 2015 15:58 WIB
kesehatan
Olahraga yang Baik Untuk Kesehatan Jantung
Foto: samequizy.pl

Metrotvnews.com: Penyakit jantung menjadi salah satu penyakit mematikan di dunia. Denyut jantung dapat berubah dalam hitungan detik, tergantung pada apa yang Anda lakukan dan rasakan setiap saat. 

Maka dari itu, untuk hidup lebih lama dan sehat, salah satu syaratnya adalah menjaga jantung agar tetap sehat. Tapi bagaimana caranya?

Berikut beberapa olahraga yang direkomendasikan untuk kesehatan jantung Anda.

1. Berenang
Merendam tubuh di dalam air itu sendiri sudah bisa mengurangi stres yang Anda hadapi. Apalagi jika Anda melakukan aktivitas seperti berenang, Anda dapat menggunakan otot-otot dalam tubuh yang tidak pernah digunakan sebelumnya. Hal ini sangat bermanfaat karena bisa menstabilkan denyut jantung, meningkatkan pernapasan, sirkulasi lancar dan tekanan darah menjadi lebih baik lagi.

2. Bersepeda
Bersepeda merupakan latihan yang sehat dan punya dampak yang begitu rendah. Bersepeda bisa dilakukan oleh siapapun dari segala jenjang usia dan tentu saja mampu membuat jantung, pembuluh darah, paru-paru menjadi lebih sehat. Apalagi jika Anda bersepeda secara teratur, itu bisa mengurangi masalah kesehatan seperti stroke dan serangan jantung.

3. Jalan cepat
Menurut penelitian, setiap langkah yang diambil setiap orang berperan penting untuk kesehatan jantung. Jalan cepat juga termasuk jenis olahraga yang bisa meningkatkan denyut jantung dan dapat kurangi risiko terkena serangan jantung. Tidak hanya sampai di sini manfaat yang bisa Anda dapatkan dari jalan cepat, Anda juga bisa menurunkan tekanan darah, meningkatkan kolesterol HDL (yang baik) dan membuat mood Anda lebih baik lagi.

4. Berlari
Untuk membangun kebugaran dan daya tahan jantung, Anda juga bisa melakukan jogging (berlari). Karena berlari dapat mengurangi kadar lemak di sekitar jantung dan di dalam pembuluh darah. Apalagi, berlari juga bisa memastikan jantung Anda tetap kuat. Dengan begini Anda tidak akan mudah terserang penyakit jantung.

5. Aerobik
Aerobik membantu otot-otot jantung menjadi lebih kuat dan aerobik juga bisa memompa jantung lebih efisien. Senam aerobik bisa memacu kerja jantung secara bertahap untuk mengambil oksigen sebanyak-banyaknya, guna memenuhi kebutuhan oksigen ke seluruh tubuh. Selain itu, aerobik  juga bisa membuat pembuluh darah Anda sehat sehingga membuat kerja jantung Anda menjadi lebih optimal.


(AWP)

Ingin Jenguk Setnov di RSCM Harus Izin ke KPK

Ingin Jenguk Setnov di RSCM Harus Izin ke KPK

1 hour Ago

Ketua DPR Setya Novanto masih menjalani perawatan intensif di RSCM, Jakarta Pusat. Hingga kini,…

BERITA LAINNYA