Stok Beras Bulog NTT Capai 23.710 Ton

Antara    •    Senin, 27 Jul 2015 16:34 WIB
berasbulog
Stok Beras Bulog NTT Capai 23.710 Ton
Ilustrasi (MI/M Taufan SP Bustan)

Metrotvnews.com, Kupang: Humas Badan Urusan Logistik (Bulog) Divisi Regional Nusa Tenggara Timur (NTT) Oni Nawa mengatakan, stok beras yang dikuasai Bulog saat ini telah mencapai sebanyak 23.710 ton. Stok sebanyak ini diharapkan bisa memenuhi kebutuhan warga setempat.

"Selain itu, dalam Agustus 2015 ini, Bulog NTT akan mendapat tambahan beras dari Jawa Timur dan Nusa Tenggara Barat sebanyak 15.350 ton," kata Oni Nawa, di Kupang, Senin (27/7/2015), seraya menjelaskan dengan adanya penambahan stok pada awal Agustus mendatang, maka stok beras yang ada bisa mampu memenuhi kebutuhan hingga tiga bulan ke depan.

Mengenai sebaran stok beras, dia mengatakan, saat ini terdapat 6.759 ton di Bulog Divre Kupang dan pada sub-sub divre tercatat 16.951 ton. Artinya, 16.951 ton beras ini ada di kabupaten-kabupaten yang ada diprovinsi berbasis kepulauan itu.

Karena itu, lanjut Oni Nawa, jika daerah membutuhkan beras baik untuk operasi pasar maupun penanganan keadaan darurat bisa langsung memanfaatkan beras yang ada, tanpa harus menunggu dari Kupang.

"Penempatan beras dilakukan pada semua daerah, baik daerah yang sering dilanda bencana maupun surplus pangan seperti wilayah barat Flores. Ini adalah langkah mengantisipasi jika terjadi kondisi darurat yang membutuhkan bantuan beras," katanya.

Dia menambahkan, pemanfaatan beras di daerah juga tidak membutuhkan birokrasi yang panjang. "Jika daerah membutuhkan beras, maka kepala daerah tinggal bersurat ke Bulog dan beras siap dikeluarkan," pungkasnya.


(ABD)