Trik Menyikat Gigi dengan Benar

   •    Senin, 27 Jul 2015 16:35 WIB
kecantikan
Trik Menyikat Gigi dengan Benar
Ilustrasi (Foto: latestcommentary.com)

Metrotvnews.com: Ini bukan berita baru lagi jika salah satu alasan yang paling penting untuk menyikat gigi adalah untuk membuat gigi tetap sehat. Tapi apakah Anda sudah menyikat gigi dengan benar? 

Jika iya, Anda tidak akan rentan terserang gigi berlubang, kerusakkan gigi dan penyakit gusi lainnya.

Dokter gigi merekomendasikan, saat menggosok gigi minimal membutuhkan waktu sekitar dua atau tiga menit. Namun menurut Michael Lenchner, ahli prosthodontist, masih banyak orang yang tidak melakukan hal itu. 

Dan ini kemungkinan kesalahan-kesalahan yang kerap Anda lakukan saat menyikat gigi.

- Tidak berkaca
Perlu untuk melihat cermin saat Anda menyikat gigi. Karena jika tidak, Anda akan melewatkan daerah-daerah di garis gusi di mana terdapat plak, karang gigi dan bakteri yang dapat menyebabkan gusi terinfeksi (gingivitis). Bahkan terkadang Anda melewatkan menyikat bagian gigi geraham Anda. Apabila Anda berkaca saat menggosok gigi, hal semacam itu tidaklah terjadi.

- Teknik menyikat gigi Anda yang salah
Saat Anda menyikat dengan arah menyamping (horizontal) di bagian enamel (permukaan gigi), ini bisa membuat bagian tersebut menjadi rapuh dan mungkin saja pecah. Akibatnya gigi Anda akan lemah dan retak. Jadi seharusnya Anda terus menyikat sehingga bulu sikat berada pada sudut 45 derajat ke permukaan gigi dan menyikat dengan pola lingkaran kecil (berputar). 

- Menyikat terlalu keras
Kemungkinan enamel akan mengalami kerusakan yang lebih besar saat Anda menyikat terlalu keras. Cobalah menyikat dengan gerakan lembut, lagipula menyikat secara keras dapat menyebabkan trauma pada gusi sensitif sehingga mengakibatkan iritasi dan resesi.

- Menggunakan sikat yang salah
Pastikan Anda membeli sikat gigi yang lembut atau ultrasoft untuk meminimalkan kerusakan. Michael memperingatkan, meskipun sikat gigi Anda sangat lembut, itu juga bisa menyebabkan lecet jika tidak digunakan dengan benar. Maka dari itu, teknik menyikat gigi itulah poin yang paling penting.

Jadi, apabila dokter gigi Anda memberi Anda sikat khusus untuk membersihkan implan atau gigi berbehel, Anda hanya perlu menggunakan sesuai arahannya supaya tidak mengganggu pertumbuhan gusi.

- Ganti sikat gigi 
Sikat gigi terutama yang basah bisa menjadi sarang kuman. Anda perlu mengganti sikat gigi rutin setiap tiga bulan sekali. Atau segera menggantinya saat bulu sikat sudah terlihat usang dan mekar. Dan untuk meminimalkan pertumbuhan kuman pada sikat gigi, Anda perlu membilas sikat dengan air panas setelah digunakan dan biarkan sikat hingga benar-benar kering.

- Pasta gigi Anda salah
Michael juga menjelaskan jika pasta gigi yang mengandung baking soda sangat baik karena bisa membuat noda pada gigi hilang bahkan memutihkan gigi. Namun, pasta gigi jenis ini ternyata juga tidak baik untuk enamel gigi. Maka dari itu, menurut Michael, memilih pasta gigi pemutih itu lebih baik karena tidak 'menyakiti' gigi Anda alias baik untuk gigi.

- Tidak membilasnya
Sangat perlu membilas usai menyikat gigi. Karena berkumur kunci penting untuk memastikan bahwa bakteri benar-benar sudah meninggalkan mulut Anda. Anda juga bisa menggunakan obat kumur bebas alkohol untuk hasil yang maksimal. (Sumarni/ TOI)


(AWP)

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

14 hours Ago

KPK akan tetap menghadapi proses persidangan selanjutnya yang masuk dalam tahap pembuktian.

BERITA LAINNYA