Harga Cabai Merah di Pangkalpinang Mulai Turun

Antara    •    Senin, 27 Jul 2015 16:46 WIB
harga cabai
Harga Cabai Merah di Pangkalpinang Mulai Turun
Ilustrasi (ANTARA FOTO/Syaiful Arif)

Metrotvnews.com, Pangkalpinang: Harga cabai merah di pasar-pasar di Kota Pangkalpinang, Provinsi Bangka Belitung, mulai berangsur turun setelah Idul Fitri seiring permintaan yang kembali stabil. Diharapkan, harga terus turun dan kembali di posisi normal.

"Aktivitas jual beli sudah kembali normal, warga hanya membeli cabai secukupnya. Stok cukup dan pasokan lancar dan permintaan kembali didominasi oleh pengusaha rumah makan," kata seorang pedagang, Rey, di Pangkalpinang, Senin (27/7/2015).

Ia menjelaskan, harga cabai merah turun menjadi Rp32 ribu per kilogram (kg) dari sebelumnya Rp40 ribu per kg. Harga bawang merah juga turun menjadi Rp25 ribu per kg dari sebelumnya Rp32 ribu per kg, sedangkan cabai hijau bertahan Rp28 per kg dan bawang putih Rp18 ribu per kg.

"Harga bawang merah juga sudah berangsur turun, sedangkan harga cabai hijau dan bawang putih cenderung stabil demikian juga dengan permintaannya. Warga lebih banyak menggunakan cabai dan bawang merah sebagai bumbu masakan sehingga permintaan dan harga sering berfluktuasi," ujarnya.

Menurut dia, sebelumnya permintaan cukup tinggi sejak Ramadan dan harga juga bertahan tinggi hingga H+6 Lebaran, setelah itu mulai berangsur turun dan pasokan pun kembali masuk ke daerah ini. "Sebelumnya stok kurang karena pasokan dari daerah sentra belum ada yang masuk, namun saat ini sudah teratasi pasokan kembali lancar dan didatangkan secara kontinu," pungkasnya.



(ABD)