Mentan Minta Petani Jual Beras ke Bulog

Antara    •    Senin, 27 Jul 2015 16:48 WIB
pertanian
Mentan Minta Petani Jual Beras ke Bulog
Mentan (ANTARA FOTO,Dedhez Anggara)

Metrotvnews.com, Surakarta: Menteri Pertanian Amran Sulaiman meminta petani untuk menjual padi hasil produksi mereka ke Perum Bulog untuk mengamankan ketersediaan beras nasional oleh BUMN tersebut.

Hal itu dikatakan Mentan dihadapan petani usai melakukan panen perdana padi pada program Gerakan Penerapan Pengelolaan Tanaman Terpadu (GP-PTT) di Desa Tumpukan, Kecamatan Karangdowo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Senin.

"Meskipun harga (pembelian Bulog) lebih rendah Rp100 atau Rp200 per kilogram (dari harga pasaran) tidak masalah. Serahkan saja ke Bulog untuk kepentingan nasional," katanya di Surakarta, Senin (27/7/2015).

Mentan menyatakan, Bulog siap menyerap gabah petani berapapun banyaknya, apalagi Presiden baru saja menambah anggaran kepada BUMN pangan tersebut sebesar Rp3 triliun untuk pembelian gabah petani melalui Penyertaan Modal Negara, selain dana yang sudah dimiliki Bulog saat ini Rp30 triliun.

Menurut Amran, Bulog diharapkan mampu menyerap gabah petani sebesar 500 ribu ton khusus untuk Jawa Tengah, Jatim 500 ribu ton, Jabar 250 ribu ton, dan Sulsel 500 ribu ton.

"Dengan penyerapan itu kita pastikan tahun ini tidak akan ada impor beras," katanya.

Mentan menyatakan, hasil panen para petani di desa tersebut sebagian akan diserap oleh Perum Bulog untuk stok beras BUMN tersebut dan ditujukan untuk memenuhi kebutuhan nasional.

"Ini panen perdana, kita mulai  hari ini. Harapannya Insya Allah ada Bulog untuk menyerap," ujarnya



(SAW)

Novanto Mengaku Ikhlas Diganti

Novanto Mengaku Ikhlas Diganti

21 minutes Ago

Idrus menuturkan, dalam perbincangan dengannya beberapa hari lalu, Novanto mengaku ikhlas dan t…

BERITA LAINNYA