Jokowi Diminta Desak PM Inggris Tolak OPM

Al Abrar    •    Senin, 27 Jul 2015 17:27 WIB
papua
Jokowi Diminta Desak PM Inggris Tolak OPM
Wakil Ketua DPR Fadli Zon--Metrotvnews.com/Githa Farahdina

Metrotvnews.com, Jakarta: Presiden Joko Widodo diminta bisa memanfaatkan pertemuannya dengan Perdana Menteri Inggris David Cameron. Jokowi diharapkan mendesak PM Inggris menolak pembentukan perwakilan Organisasi Papua Merdeka (OPM) di Inggris.

"Inggris harus tolak pembentukan perwakilan OPM di sana. Ibarat kita juga tolak perwakilan IRA di Indonesia, walau IRA sudah selesai," kata Wakil Ketua DPR Fadli Zon di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (27/7/2015).

Menurut politikus Gerindra ini, pertemuan bilateral antara Delegasi RI dengan Perserikatan Kerajaan Britania Raya dan Irlandia Utara menjadi kesempatan baik untuk menyampaikan kepentingan keamanan negara Indonesia.

"Saya kira ini kesempatan Presiden menyampaikan kepentingan Indonesia, baik itu bidang ekonomi, politik, dan keamanan. Masalah Papua, Presiden harus sampaikan kepada Inggris dan Uni Eropa agar mereka bisa akui integritas Indonesia dari Aceh sampai Papua," tegasnya.

Senada dengan Fadli, anggota Komisi I Ahmad Zainuddin berharap, pemerintah dapat mengambil sikap tegas terhadap OPM. Sebab OPM merupakan gerakan separatis yang mempunyai kantor perwakilan resmi di Oxford, Inggris.

"Perwakilan OPM sudah lama di Inggris. Kenapa Inggris mempersilakan mereka bikin perwakilan. Ini masalah politik negara lain. Presiden Jokowi harus tanyakan itu ke PM Cameron dan tegaskan soal NKRI," tambahnya.

Politikus PKS ini mengatakan, Presiden Jokowi perlu menyinggung soal OPM saat pertemun dengan PM Inggris tersebut, karena insiden di Tolikara diduga kuat ada campur tangan pihak asing ataupun OPM. Apalagi sebelum insiden penyerangan terjadi demo OPM di depan KBRI di London pada sekitar awal Mei lalu. Dan 1 Juli kerap diperingati sebagai HUT OPM.

"Apakah peristiwa-peristiwa itu saling berkaitan? Yang jelas kita telah bersepakat NKRI harga mati. Karena itu diplomasi mempertahankan kedaulatan NKRI ini harus kita jaga dan perkuat," tukasnya.


(YDH)

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

1 day Ago

KPK akan tetap menghadapi proses persidangan selanjutnya yang masuk dalam tahap pembuktian.

BERITA LAINNYA