Eggi Sebut Tuntutan buat Sutan Oplosan

Meilikhah    •    Senin, 27 Jul 2015 18:17 WIB
sutan bhatoegana ditahan
Eggi Sebut Tuntutan buat Sutan Oplosan
Sutan Bhatoegana memasuki mobil tahanan usai menjalani sidang dakwaan di Pengadilan Tipikor, jakarta, Kamis (16/4). MI/Rommy Pujianto

Metrotvnews.com, Jakarta: Tuntutan 11 tahun penjara yang dijatuhkan kepada Sutan Bhatoegana dinilai berlebihan. Frasa yang digunakan Jaksa Penuntut Umum (JPU) untuk menyatakan Sutan terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana tidak berdasar.
 
"Saya kira lebih detilnya nanti kami sampaikan pada pledoi dan bisa kita katakan dakwaan ini abal-abal, tuntutannya oplosan dan belum jelas," kata Eggi Sudjana, kuasa hukum Sutan Bhatoegana, usai mendengarkan pembacaan tuntutan JPU di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Senin (27/7/2015).
 
Eggi menuding, JPU memanipulasi frasa sah dan meyakinkan dalam dakwaan dan tuntutan karena tak dijelaskan secara rinci apa saja pelanggaran yang dilakukan Sutan. Dia mengklaim tak ada saksi yang memberatkan Sutan terkait menerima uang dari Ketua SKK Migas Rudi Rubiandini dan mantan Menteri ESDM Jero Wacik.
 
"Kata (frasa) 'meyakinkan' harus mengacu proses, sementara saksi yang ada tak ada yang menyakinkan bahwa Sutan menerima uang. Bahkan Waryono Karno mencabut kesaksiannya," katanya.
 
Menurutnya, tuntutan tersebut tak sesuai proses penegakan hukum dan hanya berdasarkan emosi KPK dengan JPU. "Kami keberatan dengan tuntutan. Apalagi 11 tahun, khawatir ini balas dendam (KPK) bukan penegakan hukum, diwujudkan emosinya dalam 11 tahun," jelasnya.
 


(FZN)

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

21 hours Ago

KPK akan tetap menghadapi proses persidangan selanjutnya yang masuk dalam tahap pembuktian.

BERITA LAINNYA