Pemerintah Harus Punya Strategi Tingkatkan Investasi

Dian Ihsan Siregar    •    Senin, 27 Jul 2015 21:26 WIB
investasi
Pemerintah Harus Punya Strategi Tingkatkan Investasi
Founder and CEO MNC Group Hary Tanoesoedibjo. FOTO: MTVN/Gervin Purba

Metrotvnews.com, Jakarta: Founder and CEO MNC Group Hary Tanoesoedibjo berharap pemerintah bisa lebih optimal dalam meningkatkan minat investasi jangka panjang dan iklim penanaman modal yang kondusif.

"Pemerintah harus punya strategi dalam meningkatkan investasi, bagaimana investasi bisa masuk sebanyak-banyaknya ke sini," ucap Hary, saat konferensi pers Group MNC di Gedung MNC Tower, Jakarta, Senin (27/7/2015).

Dia menyebutkan, majunya investasi menjadi salah satu instrumen  pendorong pertumbuhan ekonomi yang diperkirakan bisa mencapai 5,8 persen sesuai dengan asumsi di APBN-P 2015.

Begitu juga sebaliknya, jika investasi mengalami pelemahan, maka pertumbuhan ekonomi juga mengalami pelambatan. Pada saat ini investasi jangka panjang masih cukup bagus, sehingga jika melambat, tentunya dunia usaha juga meraih kinerja yang tidak baik.

Selanjutnya, tambah Hary Tanoe, perlambatan kinerja dunia usaha akan memicu terciptanya pemutusan hubungan kerja (PHK). "Kuartal kedua tahun ini pun ekonomi kurang bagus, tidak sebaik yang diharapkan. Pertumbuhannya menurun menjadi 4,7 persen," kata dia.

Peningkatan laju ekonomi pun, lanjut dia, harus didorong komponen konsumsi rumah tangga yang selama ini menjadi kontributor utama. Sektor riil pun harus mampu tumbuh dengan baik, agar bisa mendukung kebutuhan dalam negeri.

"Bank harus salurkan kredit ke sektor produktif. Agar dunia usaha bisa bergerak," tutup HT.


(AHL)