Evy Akui Berikan Sejumlah Uang ke OC Kaligis, Tapi...

Wanda Indana    •    Selasa, 28 Jul 2015 02:48 WIB
suap
Evy Akui Berikan Sejumlah Uang ke OC Kaligis, Tapi...
Gubernur Sumatera Utara Gatot Pujo Nugroho (kiri) dan istrinya Evy Susanti -- MTVN/Wanda Indana

Metrotvnews.com, Jakarta: Istri Gubernur Sumatera Utara Gatot Pujo Nugroho, Evy Susanti, mengakui memberikan sejumlah uang kepada OC Kaligis yang menjadi tersangka kasus dugaan penyuapan tiga hakim PTUN Sumatera Utara. Namun, dia menegaskan duit itu untuk keperluan operasional OC Kaligis yang memang berperan sebagai pengacara keluarga Gubernur Sumut.

Uang itu, kata Evy, berasal dari kantong pribadi keluarga Gatot. Duit itu pun diserahkan bukan untuk mengamankan kasus korupsi Dana Bantuan Sosial dan Bantuan Daerah Bawahan (BDB) Sumatera Utara tahun anggaran 2012 dan 2013. 

"Yang diberikan OC kaligis hanya seputar fee lawyer. Anggarannya kami pribadi dan tidak besar. Sekitar 50 juta," jelas Evy dalam konferensi pers di Hotel JS Luwansa, Jakarta Selatan, Selasa (28/7/2015). 

Gatot menambahkan, dia memang mengusulkan untuk menggunakan jasa OC Kaligis kepada mantan Kepala Biro Keuangan Pemprov Sumut, Ahmad Fuad Lubis. OC diminta untuk mengurus kasus Bantuan Sosial dan Bantuan Daerah Bawahan (BDB) Sumatera Utara tahun anggaran 2012 dan 2013 yang awalnya ditangani Kejaksaan Tinggi Sumut.

Dalam persidangan, Ahmad menunjuk Kaligis sebagai pengacara dan menang dalam gugatan di PTUN Medan. 

"Staf saya Sekda dan Biro Keuangan dipanggil pihak Kejati dan Kejagung. Beliau berdua melaporkan panggilan itu kepada saya. Saya bilang penuhi panggilan itu untuk didampingi pengacara. Karena OC pengacara saya, maka saya sarankan OC. Karena itu mereka didampingi seorang pengacara bernama OC. Setelah itu saya tidak tahu," tegas Gatot.


(SUR)

Istri Besuk Setya Novanto di Rutan KPK

Istri Besuk Setya Novanto di Rutan KPK

1 hour Ago

Keluarga telah diizinkan untuk membesuk Setya Novanto di Rutan KPK. Istri didampingi dua kolega…

BERITA LAINNYA