Gempa 7,2 SR di Papua, Masyarakat Berhamburan ke Luar Rumah

K. Yudha Wirakusuma    •    Selasa, 28 Jul 2015 08:28 WIB
gempa
Gempa 7,2 SR di Papua, Masyarakat Berhamburan ke Luar Rumah
Ilustrasi--Antara/Rudi Mulya

Metrotvnews.com, Jakarta: Hingga saat ini belum ada informasi terkait dampak dari gempa bumi berkekuatan 7,2 Skala Richter (SR) menguncang Papua pagi tadi. Saat ini BPBD provinsi Papua tengah berupaya ke pusat gempa.

"Kami masih terus selidiki apakah ada dampak atau tidak," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho saat dihubungi Metrotvnews.com, Selasa (28/7/2015).
 
Dia mengatakan bahwa komunikasi dengan kampung yang terdampak putus. Kuatnya guncangan gempa juga menyebabkan masyarakat panik dan berhamburan ke luar rumah.

"Kuatnya guncangan gempa menyebabkan komunikasi dengan kampung tidak bisa dilakukan. Guncangan sangat kuat menyebabkan pasien rumah sakit dibawa keluar," terangnya.

Dia mengatakan gempa berkekuatan 7,2 SR juga telah dilaporkan kepada Presiden Joko Widodo. "Sudah kami laporkan," tukasnya.

Sebelumnya gempa bumi berkekuatan 7,2 SR mengguncang Papua. Gempa yang mengguncang bumi cenderawasih ini terjadi 75 KM tenggara Mamberamo Raya.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika mencatat pusat gempa terjadi koordinat 2.87 LS - 138.53 BT. Gempa terjadi pada pukul 04.41 WIB atau 06.41 waktu setempat. Gempa darat ini terjadi di kedalaman 49 KM.


(YDH)