On This Day

1962: Jerman Akhirnya Sepakat Gelar Bundesliga

Kautsar Halim    •    Selasa, 28 Jul 2015 09:40 WIB
pada hari ini
1962: Jerman Akhirnya Sepakat Gelar Bundesliga
Foto:google image

Metrotvnews.com, Jakarta: Salah satu momen bersejarah bagi kancah sepak bola Jerman boleh dibilang tercipta pada hari ini, Selasa 28 Juli. Saat itu, 53 tahun yang lalu atau tepatnya pada 1962, liga kasta tertinggi Jerman atau yang sekarang populer disebut Bundesliga sengaja disetujui untuk membangkitkan prestasi sepak bola Jerman.

Gagasan penyelenggaraan Bundesliga tercetus pertama kali di Kota Dortmund yang saat itu merupakan bagian dari wilayah Jerman Barat. Sejak saat itu, Bundesliga dianggap merupakan liga kasta tertinggi di Jerman dan di bawahnya terdapat kasta kedua yang dinamakan 2d Bundesliga.

Sekilas tentang latar belakang sepak bola Jerman, masyarakat di sana mulai mengenal sepak bola sejak 1870 silam melalui informasi yang dibawa para pendatang dari Inggris. Menginjak 1900, ketika klub-klub resmi mulai bermunculan akhirnya muncul turnamen tertua Jerman yang sampai sekarang juga masih dinantikan, yakni Kejuaraan Sepak Bola Nasional (DFB).

Penyelenggaraan DFB disetujui oleh 86 perwakilan klub dalam suatu pertemuan yang berlangsung di kota Leipzig. Sayang, setelah 50 tahun berlangsung, DFB mendapat kritikan keras karena menyebabkan prestasi sepak bola Jerman menurun. Hal itu dikarenakan dampak dari DFB adalah telah membagi Jerman menjadi lima regional atau Oberligen dan memecah persatuan sepak bola Jerman itu sendiri. Akibat terpecah, lima Oberligen tersebut juga sempat diisukan membangun liga profesional masing-masing dan menyebabkan banyak pesepakbola terbaik Jerman pindah kewarganegaraan.

Menanggapi krisis tersebut, akhirnya pada 28 Juli 1962 atau bertepatan ketika timnas Jerman Barat tereliminasi dari Piala Dunia Yugoslavia lahirlah Bundesliga. Saat itu, gagasan penyelenggaraan Bundesliga mendapat persetujuan langsung oleh presiden DFB, Hermann Goesmann, dan kompetisi resminya pertamanya berlangsung pada tahun berikutnya atau musim 1963-1964.

Sejak saat itu, Bundesliga sebagai kompetisi sepak bola kasta tertinggi di Jerman mulai mempertandingkan 19 tim terbaik dan harus melewati berbagai kejuaraan domestik yang ketat sebagai kualifikasi. Lebih dari 80 klub yang berasal dari lima Oberligen sama-sama di adu untuk memperebutkan 19 tempat yang tersedia.

Akhirnya, setelah berbagai kualifikasi itu terlaksana Bundesliga musim pertama pun berjalan sesuai dengan rencana pada 1963-1964. Saat itu FC Koeln merupakan juara perdananya. (tdifh)

 


(AHL)