Jonan Bakal Perbaiki Fasilitas Angkutan Umum Demi Ekonomi RI

Husen Miftahudin    •    Selasa, 28 Jul 2015 11:35 WIB
kementerian perhubungan
Jonan Bakal Perbaiki Fasilitas Angkutan Umum Demi Ekonomi RI
Menhub Ignasius Jonan -- FOTO: ANTARA/Yudhi Mahatma

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Perhubungan (Menhub) Ignasius Jonan menyayangkan kepada masyarakat Indonesia yang saat ini banyak beralih menggunakan kendaraan pribadi pada saat mudik maupun hari biasa. Jumlah angkutan umum yang tersedia dan minim fasilitas menjadi penyebab masyarakat beralih menggunakan kendaraan pribadi.

Padahal menurut dia, penggunaan kendaraan pribadi pada saat mudik atau hari biasa untuk menempuh jarak yang jauh akan membahayakan keselamatan. Kesiapan para pengendara dari segi fisik dan kondisi psikis dinilai kurang saat mengendarai kendaraan dalam jarak tempuh yang cukup jauh.

"Angkutan jalan turun sekitar 10 persen. Bukan satu keprihatinan, tapi satu fakta bahwa angkutan bis mulai menurun," ujar Jonan dalam konferensi pers penutupan posko terpadu angkutan lebaran di kantor Kementerian Perhubungan, Jalan Medan Merdeka Barat No 8, Jakarta Pusat, Selasa (28/7/2015).

Maka itu, untuk mendorong penggunaan angkutan umum, Menhub akan memperbaiki kinerja dan fasilitas, khususnya di jalur darat. Hal ini untuk memberikan keselamatan bagi para pemudik di tahun depan sehingga tercipta pertumbuhan ekonomi.

"Saya akan duduk bersama dengan Organda, para pemangku kepentingan seperti Bupati, Walikota terkait, Gaikindo, Korlantas untuk membicarakan angkutan bus agar bisa dinikmati masyarakat," paparnya.

Jonan menambahkan, kedepannya angkutan transportasi darat akan di dominasi oleh Damri. Untuk hal itu, diperlukan regulasi khusus agar semua transportasi darat bisa beroperasi tanpa mengorbankan keselamatan dan jiwa para penumpangnya.

"Saya sarankan angkutan darat, Damri mewakili, ada persaingan antarmoda. Ini bukti bahwa di kemudian hari ada peningkatan dalam pelayanan masyarakat," pungkas Jonan.


(AHL)