Mau Ekonomi RI Tumbuh Melebihi Prediksi Pemerintah? Ini Caranya

Suci Sedya Utami    •    Selasa, 28 Jul 2015 12:34 WIB
ekonomi indonesia
Mau Ekonomi RI Tumbuh Melebihi Prediksi Pemerintah? Ini Caranya
ilustrasi ekonomi ANT,Sigid Kurniawan

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah Jokowi-JK telah merevisi dan memperkirakan target pertumbuhan ekonomi tahun ini menjadi 5,2 persen dari awalnya 5,7 persen.

Pengamat Ekonomi yang juga merupakan Direktur Eksekutif Centre of Reform on Economic (CORE) Indonesia, Hendri Saparini mengatakan angka yang ditaruh Pemerintah merupakan angka yang moderat. Dia menilai dengan sisa waktu kurang lebih lima bulan di tahun ini pertumbuhan ekonomi bisa lebih tinggi dari 5,2 persen.

"Kita masih punya peluang sisa lima bulan lagi untuk mendorong ekonomi bergerak lebih tinggi," kata Hendri di Graha Sucofindo, Jakarta Selatan, Selasa (28/7/2015).

Keyakinan tersebut tentunya bisa dicapai dengan beberapa syarat di antaranya yakni kerja tim ekonomi yang jauh lebih bagus, implementasi dan eksekusi lebih baik dan bisa lebih tinggi.

"Untuk itu kita berharap pemerintah bisa mengelola ekonomi lebih baik lagi," ujarnya.

Selain itu di sisi fiskal, menurutnya Pemerintah mesti memperjelas starategi apa yang digunakan untuk menjaga daya beli masyarakat. Karena seperti diketahui, penggerak pertumbuhan selama ini yakni konsumsi rumah tangga.

"Kedua yakni menjaga investasi yang saat ini mengalami perlambatan juga. Kedua itu harus dipastikan, karena ekspor enggak bisa diharapkan lagi," jelas dia.


(SAW)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA