Kepala Bappenas: Sediakan Infrastruktur Bukan Hal Mudah

Antara    •    Selasa, 28 Jul 2015 14:57 WIB
bappenas
Kepala Bappenas: Sediakan Infrastruktur Bukan Hal Mudah
Andrinof Chaniago-Foto,MI,Panca Syurkani

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Andrinof Chaniago menyediakan infrastruktur yang memadai bukan hal mudah karena sejumlah persoalan seperti adanya kesenjangan pembiayaan antara anggaran negara dan biaya yang dibutuhkan.

"Kami sadar menyediakan infrastruktur yang memadai bukanlah hal mudah, karena sejumlah masalah seperti biaya logistik yang tinggi," kata Andrinof Chaniago dalam acara penutupan "UK-Indonesia Business Forum", di Jakarta, Selasa (28/7/2015).

Namun pemerintah memiliki keyakinan yang tinggi untuk mengundang sejumlah mitra guna digandeng dalam pembiayaan anggaran pembangunan di Tanah Air.

Hal itu karena Indonesia merupakan salah satu pasar besar di dunia dengan populasi lebih dari 250 juta orang. Selain itu, lanjutnya, Indonesia memiliki banyak sumber daya alam baik gas, batu bara, emas dan juga sumber daya alam di dalam lautan.

"Karena itu kita punya keyakinan tinggi untuk menempatkan target tinggi untuk pertumbuhan ekonomi 2016," ucapnya.

Kepala Bappenas juga mengemukakan, pemerintah dalam lima tahun berikut akan fokus kepada sejumlah bidang seperti SDM, upaya mempromosikan kesetaraan, kedaulatan energi, maritim, pariwisata, dan industri.

Berbagai proyek pembangunan infrastruktur baru itu antara lain 24 pelabuhan strategis, 1.000 kilometer tol baru, serta untuk mendukung kedaulatan energi adalah proyek 35.000 megawatt (mw).

"Strategi dan target memperlihatkan komitmen pemerintah kami terhadap pembangunan infrastruktur selama lima tahun berikut," tuturnya.


(SAW)