DirectX 12 Tingkatkan VGA dan Prosesor AMD

Mohammad Mamduh    •    Selasa, 28 Jul 2015 15:33 WIB
amd
DirectX 12 Tingkatkan VGA dan Prosesor AMD
Tiga fitur utama dari AMD untuk mendukung DirectX 12

Metrotvnews.com, Jakarta: Dalam konferensi telepon terbatas dengan pihak AMD hari ini (28/7/2015) di Jakarta, dijelaskan bahwa AMD bisa meningkatkan performa jajaran kartu grafis dan prosesor mereka dengan DirectX 12. Peningkatakn ini diklaim sangat terasa ketika pengguna memanfaatkannya untuk bermain game, melalui beberapa fitur terbaru yang AMD sematkan.

Salah satu fitur yang akan tersedia adalah Multithreaded Command Buffering. Penjelasan mudahnya, teknologi memungkinkan pemanfaatan kinerja setiap inti prosesor (maksimal 8 core) saat memproses data dalam game. Dalam hal ini, setiap inti prosesor dijamin mendapatkan andil untuk memproses rendering cahaya atau karakter dalam game.

Fitur kedua yang dioptimalkan adalah ASync Shader. Fitur tersebut akan membuat prosesor dan GPU bekerja secara bersamaan untuk mempercepat proses rendering sebuah game, dan membagi porsi kerjanya dengan lebih efisien. Biasanya, GPU menunggu perintah dari prosesor terlebih dahulu untuk memproses berbagai fungsi terkait grafis. Alhasil, performa kartu grafis yang tadinya biasa saja bisa meningkat cukup pesat.



Sementara itu, dalam DirectX 12, AMD akan mengimplementasikan Explicit Multi-GPU. Pengguna bisa menggunakan dua kartu grafis sekaligus, tanpa terikat dengan teknologi CrossFireX. Pengguna dapat menduetkan kartu grafis onboard pada prosesor AMD APU dengan VGA terpisah Radeon, terlepas dari seri apapun. 

Nantinya, duet dua VGA atau lebih akan membuat proses visual jauh lebih cepat karena setiap VGA telah mendapatkan peran masing-masing. Developer juga bisa mengulik lebih jauh game yang mereka ciptakan agar lebih optimal ketika gamer menggunakan lebih dari satu VGA untuk memainkannya secara maksimal. Optimalisasi ini diklaim dapat meningkatkan performa game sebanyak 29fps.



(ABE)