KPPU Berharap Amandemen UU Persaingan Bisa Cepat Rampung

Eko Nordiansyah    •    Selasa, 28 Jul 2015 15:50 WIB
kppu
 KPPU Berharap Amandemen UU Persaingan Bisa Cepat Rampung
Ketua KPPU Syarkawi Rauf (kanan). FOTO, MI,PANCA SYURKANI

Metrotvnews.com, Jakarta: Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) berharap amandemen Undang-Undang (UU) Persaingan segera diselesaikan. Salah satu isu yang diharapkan bisa disepakati dalam amandemen UU itu adalah proses merger pelaku usaha.

Selama ini, pelaku usaha diwajibkan melapor ke KPPU setelah proses merger berlangsung. Untuk itu, dengan adanya amandemen UU, DPR bisa memberikan kewenangan KPPU memeriksa pelaku usaha dari post merger ke pra merger.

"Amandemen undang-undang persaingan sedang di DPR. Ini salah satu agenda besar terkait dgn merger. Orang kawin dulu baru suruh lapor, sebelum dikawinkan lapor dulu. Katakan lah yang merger dengan nilai Rp2,5 triliun aset harus notifikasi di KPPU," ujar Ketua KPPU Syarkawi Rauf di Gedung KPPU, Jakarta Pusat, Selasa (28/7/2015).

Selain isu tersebut, masalah denda maksimal yang harus dibayar oleh pelaku kartel bisa mencapai Rp500 miliar dari sebelumnya hanya Rp25 miliar saja. 

“Filosofi denda kan mengambil kembali keuntungan yang diambil dengan tidak sah atau memberi efek jera ke kartel. Paling tidak denda bisa sampai Rp500 miliar," terang dia.

Dirinya menambahkan, KPPU juga berharap diberi kewenangan untuk memeriksa pelaku yang berada di luar negeri, seperti Singapura, Malaysia, dan Thailand yang berdampak ke Indonesia. "Kita berharap otoritas bisa menjangkau itu. Apalagi menjelang Masyarakat Ekonomi ASEAN di 2015," lanjutnya.

Sementara itu, Syarkawi juga menyoroti sedikitnya kewenangan yang dimiliki oleh KPPU sementara tanggung jawab yang dibebankan begitu besar. Serta status kelembagaan yang dinilai belum memiliki kejelasan.

"Kalaupun enggak bisa dilakukan amandemen kita akan tetap lakukan yang sebisa kita. Selama ini, 15 tahun KPPU ada, sudah beberapa kasus yang berhasil diungkap meski kewenangan terbatas," pungkas dia.



(SAW)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA