Dana Perlindungan Pemodal akan Dinaikkan Jadi Rp100 Juta

Dian Ihsan Siregar    •    Selasa, 28 Jul 2015 15:53 WIB
pasar modal
Dana Perlindungan Pemodal akan Dinaikkan Jadi Rp100 Juta
Ilustrasi -- ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Penyelenggara Program Perlindungan Investor Efek Indonesia (P3IEI) sedang meminta kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK) agar dana perlindungan pemodal (DPP) alias Investor Protection Fund (IPF) di pasar modal Indonesia bisa meningkat empat kali lipat dari posisi DPP saat ini Rp25 juta.

"Dana perlindungan sudah dimasukkan ke OJK, saya mohon maaf, optimistis bisa naik. Minimum empat kali lipat lah," kata Direktur Utama P3IEI Yoyok Isharsaya, ketika ditemui di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Selasa (28/7/2015).

Saat ini, jumlah pemodal yang mengklaim saat ini mengalami penurunan, bila dibanding tahun lalu. Namun, dia belum bisa menyebutkan secara rinci jumlah penurunan klaim dari pemodal tersebut.

"Tapi jangan khawatir, kalau Kustodian bakal kita cabut izin usahanya, contohnya PT Sarijaya Permana Sekuritas yang memiliki masalah dengan pemodal, izinnya dicabut, dan dia dikeluarkan dari seluruh aktivitas," tegas dia.

Di tempat terpisah, Direktur Utama Bursa Efek Indonesia (BEI)? Tito Sulistio mengakui sudah mendapatkan sinyal positif jika dana perlindungan pemodal menjadi Rp100 juta. Nilai dan perlindungan pemodal akan disesuaikan setiap tahun.

Dana perlindungan pemodal Rp100 juta, lanjut dia, akan dinaikkan lagi secara bertahap. DPP? itu bisa dinaikkan bila rata-rata transaksi harian investor juga naik.


(AHL)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA