7 Manfaat Kesehatan Biji Chia

   •    Selasa, 28 Jul 2015 15:59 WIB
kesehatan
7 Manfaat Kesehatan Biji Chia
Biji Chia (Foto: bolsademulher.com)

Metrotvnews.com: Biji chia adalah biji dari tanaman bunga yang berasal dari Amerika Tengah, khususnya Meksiko dan Guatemala. Bentuknya menyerupai selasih tapi mereka berbeda. 

Hingga saat ini, biji chia masih dipuji sebagai superfood terutama karena banyak manfaat kesehatan yang dihasilkannya. Kaya akan nutrisi seperti lemak omega-3, serat, protein, dan mineral seperti zat besi, kalsium, magnesium dan zinc. 

Biji chia sangat dianjurkan untuk Anda tambahkan di setiap makanan, salad dan minuman Anda. Inilah faedah-faedah yang bisa Anda dapatkan dari biji chia.

- Mendukung tulang yang kuat
Berita bagus bagi mereka yang tidak toleran akan laktosa atau tidak suka susu. 28 gram biji chia dapat memberikan 18 persen dari asupan harian yang direkomendasikan kalsium dalam tubuh Anda. Biji chia membantu meningkatkan kadar kalsium untuk tulang Anda sehingga tetap kuat dan juga menurunkan risiko osteoporosis.

- Membantu Anda tidur
Biji chia memiliki triptofan di dalamnya, yang merupakan asam amino seperti zat yang meningkatkan melatonin dan serotonin. Hormon-hormon ini sangat penting untuk memberikan kestabilan saat tidur sehingga Anda dapat tidur dengan nyenyak. Tryptophan juga membantu mengatur nafsu makan dan meningkatkan mood Anda.

- Membantu mengontrol gula darah
Kandungan serat yang tinggi, biji chia membantu mengatur konversi karbohidrat menjadi gula dan gula menjadi lemak selama proses pencernaan. Hal ini pada gilirannya membuat kadar gula darah menjadi lebih stabil. Lapisan agar-agar biji chia bila terkena udara dan cairan dapat mencegah lonjakan gula darah dalam tubuh Anda.

- Peredam nafsu makan
Jika Anda merasa lapar di sore hari, cobalah minum segelas air dengan dua sendok makan biji chia. Biji chia mengandung serat dan ketika meminumnya dapat membantu Anda merasa kenyang. Biji chia juga bagus ditambahkan dalam sarapan untuk smoothie atau yoghurt.

- Membantu meningkatkan energi
Chia adalah salah satu sumber nabati tertinggi protein yang lengkap. Dikombinasikan dengan kandungan nutrisi lain seperti vitamin, mineral dan gula darah untuk keseimbanganan gel, biji chia juga baik sebagai sumber energi Anda. Karbohidrat kompleks yang ditemukan dalam biji chia memecah perlahan untuk mempertahankan tingkat energi dan meningkatkan stamina serta daya tahan tubuh.

- Meningkatkan kesehatan jantung
Biji chia juga tinggi akan asam lemak esensial, yang mana dapat membantu meningkatkan HDL (kolesterol baik) sekaligus mengurangi LDL (kolesterol jahat). Biji chia juga tinggi serat yang larut dan tidak larut, yang menurut penelitian terakhir telah terbukti mampu menurunkan kolesterol.

- Mengurangi peradangan
Karena tingkat asam lemak esensial yang tinggi dalam biji chia, ia memberikan sifat anti-inflamasi dalam tubuh dengan membantu dalam penyerapan vitamin yang larut dalam lemak. Selain itu, biji chia juga dapat mengurangi protein C-reaktif, yang merupakan tanda dari peradangan. (Sumarni/ Venusbuzz)


(AWP)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA