Balap Mobil

Strategi Pilih Kompon Ban Tepat, Rahasia Ferrari di Hungaria

Ahmad Garuda    •    Selasa, 28 Jul 2015 16:22 WIB
balap mobil
Strategi Pilih Kompon Ban Tepat, Rahasia Ferrari di Hungaria
Ferrari pilih aplikasi strategi ban lunak-lunak-medium dan terbukti sukses bawa kemenangan. Pirelli

Metrotvnews.com: Kemenangan Sebastian Vettel atas duo pembalap tim Mercedes GP, memang dianggap jauh dari ekspektasi. Lantaran performa buruk ketika mengawali sesi latihan di Formula 1 Hungaria akhir pekan lalu, membuat mereka tak berharap banyak.

Namun ternyata strategi penggunaan ban tipe lunak di dua stint pertama, justru jadi kunci kemenangan Sebastian Vettel. Sayangnya masalah teknis yang dialami oleh Kimi Raikkonen di pertengahan balapan, membuat tim Ferrari gagal meraup finish di urutan 1-2.

"Jujur saja kami tidak menyangka bisa memenangi balapan di F1 Hungaria. Namun keyakinan bisa bertarung di lini depan, cukup besar. Kemenangan datang saat Vettel dan Raikkonen mampu mengawali balapan dengan baik. Tapi yang paling krusial adalah saat kami mengaplikasi strategi kompon ban lunak-lunak-medium," ujar Maurizio Arrivabene, selaku prinsipal tim Ferrari.

Konfigurasi penggunaan kompon ban yang dimaksud Arrivabene adalah, saat mengawali balapan, mereka menggunakan kompon lunak. Kemudian pada stint kedua (masuk pit mengganti ban), mereka masih menggunakan kompon lunak. Kemudian pada stint ketiga baru menggantinya dengan kompon medium.

Strategi ini membuat kedua pembalap tim Ferrari mampu kabur lebih jauh ke depan meninggalkan pembalap di belakangnya. Sementara tim Mercedes GP, yang menggunakan strategi ban lunak-medium-lunak, tak punya kesempatan untuk mengejar ketertinggalan waktu dari Vettel yang sudah memimpin jauh di depan.

Meski dari sisi kompetitifitas sistem mekanikal masih kalah dari Mercedes, namun konfigurasi trek Hungaroring ditambah dengan strategi tepat ban, bisa membuat Ferrari unggul lagi. Apakah ini akan jadi titik balik tim kuda jingkrak itu untuk tampil lebih baik dari Mercedes GP di putaran berikutnya? kita tunggu saja.


(UDA)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

6 days Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA