KPPU Minta Suku Bunga Bank Diturunkan

Eko Nordiansyah    •    Selasa, 28 Jul 2015 16:41 WIB
perbankan
KPPU Minta Suku Bunga Bank Diturunkan
Ilustrasi -- ANTARA FOTO/Wahyu Putro

Metrotvnews.com, Jakarta: Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) berharap suku bunga bank bisa diturunkan agar pelaku usaha di Indonesia bisa lebih kompetitif. Sebab, dibandingkan dengan negara lain, suku bunga bank di Indonesia tergolong masih tinggi.

"Kita berharap suku bunga bank bisa diturunkan, supaya pengusaha lebih kompetitif paling tidak di ASEAN," ujar Ketua KPPU Syarkawi Rauf di Gedung KPPU, Jalan IR H Juanda, Jakarta Pusat, Selasa (28/7/2015).

Adapun untuk mendorong suku bunga bank lebih rendah, KPPU akan membuka kerja sama dengan instansi terkait seperti Bank Indonesia (BI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

"Kita akan dorong OJK bentuk arsitektur perbankan baru supaya industri perbankan bisa terjaga. Kerja sama dengan BI, kita akan kerja sama untuk supervisi dari sisi makro," jelas dia.

KPPU juga akan mendorong perbankan agar lebih transparan dalam menyampaikan penetapan risiko kredit mereka. Selain itu, kredit perbankan selama ini juga hanya terkonsentrasi di daerah tertentu saja.

"Supaya UKM bisa dapat modal dengan bunga lebih rendah, kita akan dorong bank lebih transparan dalam penetapan risiko. Selama ini Rp4 ribu triliun konsentrasi kredit hanya terkonsentrasi di daerah tertentu saja," pungkas dia.


(AHL)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA