Indonesia Didorong Sejumlah Negara untuk Jadi Negara Kuat

Suci Sedya Utami    •    Selasa, 28 Jul 2015 16:50 WIB
ekonomi indonesia
Indonesia Didorong Sejumlah Negara untuk Jadi Negara Kuat
ekonomi, antara, andika

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said mengatakan pada pertemuan dengan beberapa negara, dirinya mendapat sinyal yakni Indonesia diarahkan oleh sejumlah 
negara maju dan berkembang untuk menjadi negara yang kuat.

"Pesan yang kita tangkap. Indonesia diarahkan betul menjadi negara kuat bukan hanya politik, energi ekonomi," kata Sudirman saat halal bihalal di Kantor Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, Jalan HR Rasuna Said,  Jakarta, Selasa (28/7/2015).

Ia mengungkapkan keinginan negara-negara tersebut lantaran untuk menjadikan Indonesia sebagai sebuah jembatan antara negara maju dan berkembang "Juga sebagai jembatan untuk negara maju dan berkembang. 
Itu saya dapat dari Amerika dan Iran," jelas dia.

Ia menjelaskan untuk membangun ekonomi Indonesia adalah dengan pengembangan di sektor energi. Listrik salah satunya yang menjadi fokus pengembangan dalam pembangunan ini, karena listrik merupakan hulu dari pertumbuhan ekonomi.

"Di bidang energi ini tugas kita, mereka bicara infrastruktur. Listrik sebagai hulu dari pertumbuhan ekonomi. Mau bangun ekonomi, listrik, infrastruktur itu butuh listrik," beber dia.

Ia juga menyebutkan Indonesia akan menjadi salah satu dalam Big Ten Economic Power. Artinya, Ia menambahkan ini menjadi suatu tantangan besar untuk Indonesia.

"Big ten economic power. Ini artinya dunia melihat kita menjadi negara penting. Kita harus mencanangkan tekad bersama. Ini tantangan dunia. Untuk melihat apakah kita mampu tumbuh," pungkas dia.



(SAW)