Sumur Mengering, Mbah Djumirah Pikul Jeriken Air Sejauh 500 Meter

Patricia Vicka    •    Selasa, 28 Jul 2015 16:59 WIB
kekeringan
Sumur Mengering, Mbah Djumirah Pikul Jeriken Air Sejauh 500 Meter
Foto: Mbah Djumirah menggendong jeriken berisi air yang ia beli menuju rumahnya sejauh 500 meter/MTVN_Patricia Vicka

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Kekeringan melanda Desa Sambi Rejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Warga terpaksa membeli air untuk kebutuhan sehari-hari.

Sumur dan telaga di Desa Sambi Rejo mengering. Warga mengaku kekeringan air ini terjadi dalam dua bulan terakhir. Akibatnya warga terpaksa membeli air bersih dari Perusahaan Air Minum Desa (PAM Des) maupun dari  perusahaan air swasta untuk memenuhi mandi cuci kakus (MCK). Dengan menggunakan jeriken dan ember, warga rela mengantre di depan tanki penampung air PAM Des dan perusahaan air swasta.

"Sumur dekat rumah sudah mengering sekitar sebulan lalu. Saya ambil air untuk masak, mandi, nyuci, dan minum ternak," kata seorang warga Dusun Mlakan, Desa Sambi Rejo, Mbah Djumirah, 70, kepada Metrotvnews.com, Selasa (28/7/2015).

Wanita tua itu rela mengantre untuk membeli air dan menggendongnya sejauh 500 meter menuju rumah. Ia harus melewati jalan berbatu dan ladang yang sudah mengering. Selain untuk kebutuhan sendiri, air yang ia beli itu juga untuk minum sapi ternaknya.

"Satu jeriken air saya beli seharga Rp500. Tiap hari saya beli 2 sampai 4 jeriken air," kata Mbah Djumirah dengan bahasa Jawa.

Ia menambahkan satu bak besar penampungan air bisa mencukupi sekitar 50 KK setiap hari. Air ini diantar oleh PAM Des dengan menggunakan truk air setiap hari. Namun kadang-kadang truk mengangkut dua hari sekali.

Ia berharap agar pemerintah bisa mengatasi kekeringan ini sehingga ia tidak perlu membeli air bersih.

Mbah Djumirah masih beruntung, warga lainnya harus rela berjalan kaki hingga sejauh dua kilo meter menuju tangki penampung air.

Kepala Desa Sambi Rejo, Mujimin mengatakan hampir semua dusun di desanya sudah terkena kekeringan sejak dua bulan lalu. Namun ada dua dusun yang mengalami kekeringan paling parah yakni Dusun Mlakan dan Gedang.

"Sumur di kedua dusun ini kering karena rusak akibat tanah longsor beberapa waktu lalu. Kami sudah mengajukan ke Bupati untuk membangun sumur kembali," kata Mujimin.

Sementara warga terpaksa harus bertahan dengan membeli air PAM DES yang diangkut menggunakan truk air setiap hari.

Desa Sambi Rejo terletak di dalam kecamatan Prambanan di Timur kabupaten SLeman. Wilayahnya berada di dataran tinggi. Desa ini memiliki 8 Dusun.


(TTD)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA