Stand Penyelanggara Jakbook & Edu Fair 2015 Sepi Peminat

Meilikhah    •    Selasa, 28 Jul 2015 17:21 WIB
pameran buku
Stand Penyelanggara Jakbook & Edu Fair 2015 Sepi Peminat
Pengunjung mengunjungi Jakbook and Edu Fair 2015. (Foto: MTVN/Meilikhah)

Metrotvnews.com, Jakarta: Stand penjualan buku tulis dan alat tulis diburu ratusan, bahkan ribuan, warga DKI Jakarta pemegang Kartu Jakarta Pintar (KJP) yang ingin membeli keperluan sekolah. Namun, hal itu berbanding terbalik dengan stand penerbit rekanan Ikatan Penerbit Idonesia (IKAPI) yang notabene adalah penyelenggara Jakbook & Edu Fair 2015.
 
Pantauan di lokasi, beberapa penerbit seperti Gramedia, Serambi dan Tiga Serangkai sepi pengunjung. Padahal, stand di sekelilingnya yang menjual peralatan sekolah dipenuhi warga.
 
Sahril, penjaga stand penerbit Serambi mengatakan, dalam pameran Jakbook & Edu Fair 2015, penjual peralatan sekolah lebih banyak ketimbang stand buku penerbit IKAPI.
 
"Pembelinya juga rata-rata pemegang kartu KJP. Jadi banyakan milih keperluan sekolah. Kalau di sini hanya buku-buku penunjang saja," kata Sahril kepada Metrotvnews.com, Selasa (28/7/2015).
 
Sahril mengaku belum pernah mengalami pameran seperti ini sebelumnya. Umumnya dalam pameran buku, penjual tas atau perlengkapan sekolah hanya beberapa saja. Namun, dalam Jakbook & Edu Fair 2015 pemilik stand didominasi oleh penjual buku tulis dan perlengkapan sekolah.
 
"Wajar-wajar saja sih, tapi memang kunjungan (warga) ke sini (stand Serambi) jarang, paling hanya 40-50 orang. Beda dengan kondisi biasanya kita transaksi terus menerus," kata Sahril.
 
Soal harga, Sahril mengaku tak ada kenaikan. Harga per buku tetap sama seperti yang dikeluarkan penerbit. Mahal murahnya tergantung pada jenis buku.


(FZN)