Ini Perbedaan Mencolok antara Pria dan Wanita di Usia Lanjut

   •    Selasa, 28 Jul 2015 17:35 WIB
kesehatan
Ini Perbedaan Mencolok antara Pria dan Wanita di Usia Lanjut
Ilustrasi (Foto: yelp.ie)

Metrotvnews.com: Selain perbedaan fisik yang mencolok antara pria dan wanita, ada juga beberapa perbedaan dalam proses internal tubuh mereka, termasuk perbedaan yang akan muncul saat pria dan wanita memasuki usia lanjut. 

Perbedaan yang paling mudah diketahui tentu saja wanita mengalami periode bulanan, melahirkan dan menopause. Pria dan wanita juga memiliki sistem hormon yang berbeda. 

Selain itu, masih ada banyak hal yang membedakan pria dan wanita, berikut di antaranya.

1. Harapan hidup 
Wanita biasanya memiliki usia harapan hidup yang lebih tinggi daripada pria. Penelitian pun telah membuktikannya. Menurut tim peneliti, hal ini terjadi karena cara pria mengatasi stres dan menjaga kesehatan mereka berbeda dengan wanita. Wanita cenderung lebih bisa menjaga kesehatannya dibandingkan dengan pria. Dan menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), rata-rata wanita akan hidup lebih lama daripada pria.

2. Hormon
Perubahan hormon akan terjadi baik itu pada pria maupun wanita pada usia tua, tapi yang terlihat jelas terjadi pada wanita. Dari pubertas hingga sindrom menopause, wanita harus melalui semua itu sedangkan pria tidak, ini yang membuat perbedaan hormon mereka yang mencolok. Setelah usia 50 tahun, tubuh wanita akan berhenti memproduksi estrogen. Dan menopause yang dialaminya akan diikuti dengan gejala-gejala seperti hot flushes, kekeringan vagina dan kelelahan.

3. Menurunkan libido
Dengan usia yang semakin menua, wanita cenderung kehilangan libido mereka, terutama setelah menopause, saat tubuh mereka berhenti memproduksi estrogen, sehingga berdampak dengan menurunnya hasrat seksual mereka. Sedangkan pria cenderung memiliki libido yang lebih stabil.

4. Kulit
Walaupun wanita telah menggunakan krim anti-penuaan, retinoid dan pelembab semaksimal mungkin, kulit wanita cenderung akan lebih cepat tua daripada pria, karena wanita memiliki kulit yang lebih halus dan sensitif, yang sangat rentan terhadap tanda-tanda penuaan. 

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa testosteron, hormon yang ada pada pria, sebenarnya membantu untuk menebalkan kulit agar tetap awet muda. Meskipun pria dan wanita kehilangan kolagen setelah usia 30 tahun, pria tetap akan tampak lebih mudah. Berbeda dengan wanita yang kulitnya akan cepat keriput karena faktor menopause yang dialaminya

5. Berat badan
Tubuh pria dan wanita berbeda dalam cara mendapatkan berat badan. Pria biasanya cenderung menambah berat badan hingga usia 50 tahun, tetapi disisi lain wanita akan terus mengalami penambahan berat badan hingga di usia 65 tahun, apalagi bila ia tidak mengurus dirinya dengan baik.

6. Rambut Rontok
Rambut rontok adalah hal yang umum terjadi, kehilangan setiap helai rambut karena faktor usia tergantung pada faktor genetik dan hormon. Tapi kebotakan diketahui lebih banyak terjadi pada pria daripada wanita. Kebanyakan pria cenderung kehilangan sebagian rambutnya pada usia 50 tahun, sementara wanita cenderung lebih memperhatikan kesehatan rambutnya sehingga hanya mengalami sedikit penipisan rambut.

7. Perubahan kognitif
Pria dan wanita berpikir secara berbeda dan dengan bertambahnya usia, mereka akan rentan terkena berbagai penyakit kerusakan otak yang potensial dan gangguan-gangguan lainnya. Wanita diketahui memiliki risiko yang lebih tinggi terjangkit demensia dan depresi ketimbang pria.

8. Kesehatan umum
Tubuh pria dan wanita berkembang sesuai dengan berbagai perubahan kimia dalam tubuh mereka, yang bisa mempengaruhi aspek fisik yang berbeda dari kesehatan mereka. Pria lebih cenderung menderita penyakit jantung yang serius, sementara wanita cenderung mengalami kondisi yang berbeda seperti osteoporosis dan arthritis di hari tuanya. (Sumarni/ India Times)


(AWP)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

6 days Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA