Bencana Kekeringan

Kekeringan Melanda, Kepala Desa Sambi Rejo Minta Bantuan Air

Patricia Vicka    •    Selasa, 28 Jul 2015 17:38 WIB
kekeringan
Kekeringan Melanda, Kepala Desa Sambi Rejo Minta Bantuan Air
Sawah mengering di Desa Sambi Rejo Sleman Yogyakarta sejak dua bulan lalu, Metrotvnews.com/ Patricia Vicka

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Kekeringan melanda Desa Sambi Rejo Kecamatan Prambanan Kabupaten Sleman, Yogyakarta, sejak dua bulan lalu. Warga pun meminta Perusahaan Air Minum Desa (PAM Des) atau swasta memberikan bantuan air bersih.

Kepala Desa Sambi Rejo Mujimin mengakui warganya kesulitan mendapatkan air bersih. Sawah mengering dan tak bisa ditanami. Sumur-sumur pun tak lagi mengalirkan air.

"Delapan dusun di desa kami dilanda kekeringan. Ada dua dusun yang mengalami kekeringan paling parah yakni Dusun Mlakan dan Gedang. Ini karena sumur di dua dusun itu rusak akibat tanah longsor beberapa waktu lalu," ujar Mujimin saat ditemui di Kantor Kepala Desa Sambi Rejo Sleman Yogyakarta, Selasa (28/7/2015).

Ia mengatakan telah mengajukan permintaan bantuan. Jawabannya, BPBD akan menyalurkan 100 tangki air ke wilayah sejumlah desa di Sleman. "Tapi belum tahu desa kami mendapat berapa tangki dan kapan disalurkan," tuturnya.

Pihaknya juga meminta bantuan ke perusahaan-perusahaan untuk membantu memberikan air ke warga yang tidak mampu melalui program CSR. "Saya diminta oleh perusahaan untuk membuat proposal bantuan air. Semoga saja bisa cepat diberikan kepada warga yang tidak mampu sehingga mereka tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli air," tutur dia.

Ia mengimbau warga hemat menggunakan air. "Juga jangan bakar sampah di ladang. Lebih baik sampah itu disimpan untuk jadi pupuk," katanya.


(RRN)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA