Pendaftaran Pilkada Diundur Munculkan 'Pasangan Boneka'

LB Ciputri Hutabarat    •    Selasa, 28 Jul 2015 17:56 WIB
pilkada serentak
Pendaftaran Pilkada Diundur Munculkan 'Pasangan Boneka'
Ilustrasi.--Foto: dok/inhukab.go.id

Metrotvnews.com, Jakarta: Pengamat politik dari Pusat Studi Politik dan Keamanan Unpad Muradi mengatakan, akan ada dampak politik jika jadwal pendaftaran Pilkada diundur. Kata dia, pasangan calon kuat akan memunculkan 'pasangan boneka' untuk ikut mendaftar sebagai formalitas semata.

"Pasangan boneka memang diinisiasi oleh pasangan calon yang sudah maju dan (diyakini) menang. Supaya afdol (lebih utama) dan Pilkada bisa berlangsung lalu dimunculkan calon kedua alias pasangan boneka," kata Muradi saat dihubungi Metrotvnews.com, Selasa (28/7/2015).

Menurut dia, partai politik saat ini tengah kehilangan akal sehat. Pasalnya, sebagian parpol tak melakukan kaderisasi secara serius sehingga enggan mengajukan kadernya untuk bersaing di Pilkada. Parahnya lagi, kata dia, parpol mencomot seorang artis agar tidak bersusah payah dalam mendongkrak popularitas jelang Pilkada.

"Parpol kehilangan akal sehat. Mereka akan ambil calon-calon yang sudah populer seperti artis. Karena ini paling mudah mendorong orang lain untuk memilih dan tidak perlu mereka poles lagi," terang dia.

Seperti diketahui, jadwal pendaftaran bakal calon kepala daerah di sejumlah daerah berpotensi diundur. Jadwal pendaftaran diundur apabila hingga penutupan Selasa (28/7/2015) hari ini hanya ada satu pasangan yang mendaftar.


(MBM)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA