Mantan Napi Maju Pilkada, Ini Syarat Mutlak dari NasDem

Arga sumantri    •    Selasa, 28 Jul 2015 18:22 WIB
pilkada serentak
Mantan Napi Maju Pilkada, Ini Syarat Mutlak dari NasDem
Surya Paloh menerima cinderamata dari pengurus PP Muhammadiyah seusai pertemuan di kantor DPP Partai NasDem, Jakarta, Selasa 28 Juli 2015. Foto: MI/Ramdani

Metrotvnews.com, Jakarta: Partai Nasional Demokrat (NasDem) punya syarat khusus terhadap seorang narapidana jika ingin maju di pilkada, baik melalui Partai NasDem atau partai lain. Ada dua syarat mutlak yang harus dipenuhi.
 
"Ada dua hal penting. Pertama, penerimaan masyarakat kuat dan bagus, kedua memiliki kapabilitas. Jika tidak diterima rakyat dan tak punya kapabilitas, itu tidak layak. Jadi pemikiran kita moderat saja," kata Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh ketika ditemui di Kantor DPP Partai NasDem, Jalan R.P. Soeroso, Jakarta Pusat, Selasa (28/7/2015).
 
Surya tak menyalahkan pemahaman masyarakat soal mantan Napi. Tapi, dia berharap masih ada sedikit aspek kemanusiaan yang ditegakkan dalam menilai latar belakang seseorang.
 
"Mungkin masyarakat punya catatan pinggir, tapi menghakimi dia sepanjang masa, saya pikir sayang lah. Karena nilai-nilai kemanusiaan harus tetap hidup. Saya pikir NasDem berpikir ke arah sana," jelas Paloh.
 
Menurutnya, semua orang mempunyai hak politik untuk ikut ambil bagian di pilkada, termasuk mantan narapidana. "Ketika orang bersalah dia melalui proses. ketika dia selesai dari proses itu masa kita ga berikan kesempatan hak-hak pemurnian kembali," tutup Surya.
 


(FZN)